SMKN 1 Panga Gelar Pelatihan Pendampingan Laboratorium Edukasi Petani

ACEHTREND.COM, Calang – SMKN 1 Panga bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) menggelar pelatihan pendampingan Laboratorium Edukasi Tani (Lareta) bagi guru dan siswa SMKN 1 Panga, pada Jumat, (4/10/2019).

Kegiatan ini dibuat dalam rangka pelaksanaan program bantuan pengembangan SMK Pertanian Pendukung Ketahanan Pangan, Tahun 2019. Kepala sekolah SMKN 1 Panga Tarmidhi, SST dalam sambutannya mengatakan kegiatan tersebut termasuk salah satu revitalisasi SMK dalam mendukung ketahanan pangan yang merupakan Program Nasional Direktorat Pembinaan Sekolah menengah Kejuruan (Dit-Psmk). 

Melalui rilis yang disampaikan kepada aceHTrend (5/10/2019), Tarmidhi berharap kepada seluruh peserta untuk menyimak dan aktif bertanya dalam seminar tersebut. Sehingga ada perubahan yang signifikan bagi SMKN 1 Panga ke depan. Baik dalam penyediaan pangan, juga untuk menciptakan produk-produk hasil pertanian nantinya.

Prof Ir. Ambar Pertiwinigrum, M.Si., Ph.D IPM Dosen pertanian UGM selaku narasumber memberikan motivasi-motivasi terkait pentingnya peran petani-petani melenial yang andal dan berkompeten dalam mendukung ketahanan pangan bagi Indonesia.

“Saat ini pada umumnya usia para petani sudah tua, tenaganya sudah mulai berkurang. Saatnya kalian para milenial yang akan melakukan jihad pangan untuk mewujudkan ketangguhan pangan nasional,” ujarnya.

Hal senada juga diharapkan oleh Pak Tarmizi, Pd, M.Pd, dalam sambutannya mewakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Kab. Aceh Jaya, ia berharap para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh di lapangan, sehingga mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menghasilkan petani-petani milenial yang siap berinovasi dan berkreasi.

Selain itu, kegiatan tersebut juga diisi dengan seminar motivasi dan enterpreneur oleh Zulfriansyah, Ketua Umum Persahabatan Aceh-Jepang. Dalam seminarnya, pria asli Meulaboh tersebut membagikan motivasi serta pengalamannya selama magang dan bekerja di Jepang dengan harapan akan ada bibit-bibit baru dari SMKN 1 Panga yang akan mengikuti jejaknya.  Bukan hanya itu, ia beserta timnya juga akan membimbing dan membina calon yang akan ikut seleksi magang ke Jepang selama dua bulan tanpa dipungut biaya.

“Kami akan membimbing dan membina pemuda Barat Selatan Aceh yang punya keinginan dan kemauan untuk magang ke Jepang. Sehingga mereka tidak terkejut lagi saat berhadapan dengan soal-soal ketika seleksi dan berpeluang besar untuk lolos ke sana.”

Hal ini disambut baik oleh Waka Kesiswaan Ibnoe Cholid, S.Ag, ia mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemateri yang telah memberikan informasi terkait proses dan pelaksanaan magang di Jepang. Ia juga memberi apresiasi kepada Forum Persahabatan Aceh-Jepang yang akan menjadi jembatan bagi siswa-siswi SMKN 1 Panga khususnya dan pemuda Barat Selatan Aceh umumnya dalam mewujudkan impian di dunia kerja.

Kegitan ini turut dihadiri oleh Cabang Dinas Aceh Jaya diwakili oleh Tarmizi, S.Pd., M.Pd, pengawas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Aceh Jaya Wasmaini Budiarti, S.Pd M.Pd,  Ketua MKKS SMK Aceh Jaya Syaribuddin S.Pd., M.Pd, Kasi Naker Askar, Kasubbag Dinas Transnaker Rahmad,  Kepala BPP Teunom M. Salim, PPL BPP Kruenh Sabee Darmasyiah, Komite Sekolah Safwandi S.Sos., serta seluruh Guru dan siswa siswi SMKN 1 Panga.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK