3R Fasilitasi Kaum Perempuan Membuat Pembalut Ramah Lingkungan

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Rumah Relawan Remaja (3R) memfasilitasi sejumlah kaum perempuan di Lamtemen Barat, Banda Aceh membuat pembalut ramah lingkungan dan baik untuk kesehatan, Sabtu (5/10/2019).

Anggota 3R, Nouri, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program bulanan 3R untuk menjadi fasilitator. Gunanya dilakukan community sharing ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama kaum perempuan, tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan menghindari dari penggunaan produk pembalut sekali pakai yang beredar di pasaran.

Para ibu-ibu sangat antusias menjahit potongan kain itu untuk dijadikan pembalut. Pembalut ini nantinya bisa digunakan hingga dua tahun lamanya karena setiap selesai pemakaian bisa dicuci bersih dan digunakan kembali. Selain hemat dan murah, pembalut ini juga lebih aman ketimbang menggunakan produk pembalut di pasaran yang tak jarang sudah kedaluwarsa.

“Karena banyaknya isu beredar tentang pembalut sekali pakai yang terbuat dari bahan daur ulang dan menggunakan bahan kimia yang tidak aman digunakan jangka panjang. Dan lagi, lapisan plastik pada sayap pembalut sekali pakai, sering bikin iritasi kulit (lecet), sedangkan pembalut kain sama halnya celana dalam, tidak mengiritasi,” jelasnya Nouri kepada aceHTrend, Minggu (6/10/2019).

Pembalut ini juga merupakan bagian dari kampanye peduli lingkungan. Bahan pembalut yang beredar saat ini terbuat dari bahan-bahan yang susah terurai oleh tanah.

Nouri mengatakan, penggunaan pembalut yang tidak aman bisa berdampak terhadap kesehatan organ intim seperti kanker serviks. Kanker serviks adalah tumor ganas yang tumbuh di leher rahim (uterus) yang bisa berakibat fatal pada kesehatan perempuan.

“Lebih baik mencegah dari pada mengobati,” ujar Nouri.[]

KOMENTAR FACEBOOK