Pedagang di Pasar Onan Singkil Utara Ditertibkan

ACEHTREND.COM, Singkil – Pedagang yang berjualan di Pasar Onan Mingguan Kecamatan Singkil Utara, Aceh Singkil mulai ditertibkan.

Camat Singkil Utara, H Amril Ar, SH, MM kepada aceHTrend mengatakan, penertiban itu dilakukan karena beberapa tahun belakangan ini, Pasar Onan Singkil Utara dinilai sangat semrawut.

Malah, banyak pedagang yang membuka lapak jualannya di berem atau bahu jalan umum sehingga sangat mengganggu kendaraan yang melintas.

Para pedagang itu kata Amril Ar, tidak lagi diperkenan berjualan di bahu jalan dan harus masuk ke dalam kios pasar yang telah disediakan.

Sebagai tahap awal, ungkap Amril, pihaknya menyosialisasikan dan mengimbau para pedagang agar tidak lagi berjualan di sembarangan tempat termasuk di bahu jalan. Hal ini tidak saja mengganggu ketertiban umum, tetapi juga terlihat kurang indah dan nyaman.

Selama masa sosialisasi dan imbauan penertiban ini, pihaknya menurunkan personel Satpol PP, aparat desa, dan kecamatan, Dishub serta pegawai Dinas Koperasi dan Perdagangan Aceh Singkil.

“Kita telah lakukan rapat koordinasi, hasil rapat, semua pihak terkait harus turun ke lapangan menertibkan dengan cara persuasif dan sosialisasi. Alhamdulillah pedagang mulai tertib,” ucap H Amril Ar, Selasa (8/10/2019).

Pantauan aceHTrend, saat penertiban yang dilakukan petugas berlangsung dengan tertib, tidak ada pedagang yang membangkang dan petugas pun melakukan pendekatan dengan sopan, santun, dan sangat persuasif.

Pekan Onan Mingguan Kecamatan Singkil Utara, Selasa ini (hari pekan) terlihat lebih tertib, bersih, dan teratur.

Beberapa pedagang terlihat menggeser jualannya ke dalam pasar. Ada pula pedagang lain yang menggotong meja dan lapak jualannya ke dalam kios yang telah disediakan.

Amril juga menyampaikan di samping penertiban pedagang di Pasar Onan Mingguan, pihak Pemkab Aceh Singkil melalui Camat Singkil Utara akan menertibkan pedagang yang berjualan di simpang-simpang dan di bahu jalan depan rumah warga.

“Sosialisasi dan imbauan berbentuk surat sudah dilakukan. Diharapkan supaya imbauan dipatuhi dan ¬†ditindaklanjuti,” tutur Amril.

Para pedagang yang membuka lapaknya di depan rumah penduduk dan simpang jalan pada hari selain Selasa, supaya berjualan di kios-kios yang telah tersedia di Pasar Onan.

“Sehingga Pasar Onan Singkil Utara nanti akan menjadi pasar harian. Jika Pasar Onan menjadi pasar harian keuntungan sangat banyak bagi warga Singkil Utara,” pungkas Amril.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK