Peringati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Sukma Bangsa Pidie Bikin “Art dan Write Therapy”

ACEHTREND.COM, Sigli – Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober diselenggarakan secara meriah oleh Sekolah Sukma Bangsa Pidie. Kegiatan utama yang diusung kali ini yakni, art therapy dan write therapy, Kamis (10/10/2019).

Koordinator Acara, Izzatul Ummi mengatakan persoalan kesehatan jiwa atau mental belum banyak mendapatkan perhatian di masyarakat. Hal ini memotivasi sekolah tersebut untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Melalui peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ini pihak sekolah ingin mengajak masyarakat khususnya warga sekolah Sukma Bangsa Pidie agar memiliki kesadaran atau awareness terhadap kesehatan mental.

“Kesehatan jiwa juga perlu dijaga, karena berbagai penyakit yang menyerang fisik itu dasarnya dari jiwa yang tidak sehat,” ujarnya kepada aceHTrend melalui keterangan tertulis, Kamis (10/10/2019).

Izza menambahkan, dipilihnya art therapy dan write therapy pada peringatan acara kali ini karena melalui dua kegiatan tersebut dapat dijadikan sebagai media oleh siswa dan seluruh warga sekolah untuk mengidentifikasi respons emosional serta membantu memperkuat self image.

Sementara itu, Direktur Sekolah Sukma Bangsa Pidie, Marthunis Bukhari, mengatakan dewasa ini dunia kerja semakin demanding (menuntut), tidak terkecuali institusi pendidikan yang seringkali menghadapkan para guru dengan banyak hal yang mengakibatkan stres dan depresi, hingga pada ujungnya dapat menurunkan kesehatan mental dan tentu membahayakan bagi kesehatan tubuh secara umum. Maka, perlu dipahami work-life balance. 

“Bekerjalah tetap dengan optimal, namun di luar pekerjaan, kita seharusnya memiliki kehidupan sosial yang menyenangkan baik dengan teman, sahabat dan keluarga. Maka, mari menikmati hidup secara seimbang agar kesehatan mental kita tetap terjaga,” ujarnya.[]

KOMENTAR FACEBOOK