Masuk Musim Penghujan, Harga Kebutuhan Barang Dapur di Lhokseumawe Mulai Naik

@aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Memasuki musim penghujan, harga sejumlah kebutuhan barang pokok di pasar tradisional Kota Lhokseumawe, cenderung naik sejak sepekan terakhir.

Salah satu pedagang sayur di Lhokseumawe, Maulana (20) mengatakan, kenaikan harga komoditas tersebut mulai terjadi sejak mulai tingginya curah hujan.

“Kenaikan bahan dapur ini sudah sejak dua pekan terakhir, kami mulai mendapat keluhan dari konsumen,” ujar Maulana kepada aceHTrend, Jumat (11/10/2019).

Di antara kebutuhan dapur yang mulai merangkak naik seperti cabai merah dari Rp40 ribu per kilogram menjadi Rp50 ribu, bawang merah dari Rp20 ribu menjadi Rp29 ribu, tomat yang sebelumnya Rp5 ribu kini menjadi Rp9 ribu, dan jeruk nipis dari Rp5 ribu menjadi Rp10 ribu.

Saat musim hujan, hasil panen tidak bertahan lama dan cepat membusuk, bahkan proses pemanenannya pun jadi terkendala.

“Seperti jeruk nipis dan cabe kita cari dari petani di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, biasanya juga mereka memasok bahan-bahan tersebut setiap pagi,” ujarnya.

Sedangkan tomat dan bawang, pedagang biasa memesan dari luar provinsi, dikarenakan stok lokal tidak mencukupi.

“Kalau yang tidak ada di Aceh, kita ambil dari Brastagi, Sumatera Utara. Memang sudah kebutuhan rumah tangga, jadi sudah biasa dengar pembeli mengeluh,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin