Disbud Aceh Singkil Latih Operator SD dan SMP

ACEHTREND.COM, Singkil – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, melatih operator SD dan SMP yang bertugas menangani Data Pokok Pendidikan (Dapodik) di satuan pendidikan.

Pelatihan yang diikuti sebanyak 147 operator itu dipusatkan di Gedung Kesenian Desa Pulo Sarok, Aceh Singkil dan berlangsung selama tiga hari sejak Rabu-Kamis (16-17/10/2019).

Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil Khalilullah, S.Pd, pelatihan itu bertujuan untuk memantapkan operator sekolah dalam mengolah data pendidikan. Dari verifikasi data, menginput, mengedit, hingga memvalidasi data.

“Di era pesatnya kemajuan teknologi komputer dan digital ini, data pendidikan di sekolah harus disiapkan berbasis komputer dan digital. Tidak lagi dengan kertas,” ucap Khalil.

Karena itu, pelatihan ini tambahnya, sangat penting dan strategis untuk memastikan ketersediaan dan kevalidan data di satuan pendidikan dan semua tingkatan pendidikan.

Khalil menambahkan, dalam perencanaan dan melaksanakan program-program pendidikan secara cepat dan tepat sasaran, dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, dan akuntabel dan up to date atau terkini.

“Dengan ketersediaan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel, dan up to date tersebut, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan, dan evaluasi kinerja program-program pendidikan dapat dilaksanakan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan,” ungkap Khalil.

Adapun para pelatih operator dapodik SD dan SMP ini, yaitu tenaga pelatih dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan dari Dinas Pendidikan setempat.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK