Desa Situbuh-Tubuh Singkil Ditetapkan sebagai Kampung Zakat Indonesia

ACEHTREND.COM, Singkil – Desa Situbuh-tubuh, Kecamatan Danau Paris, Aceh Singkil yang terletak di perbatasan antara Provinsi Aceh dengan Provinsi Sumatera Utara, ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh Kampung Zakat di Indonesia. Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Nomor 209 Tahun 2019.

Ketika aceHTrend mengonfirmasi kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil, Drs. H Salihin Mizal, MA ia membenarkannya.

“Betul. Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama RI telah menetapkan Desa Situbuh-tubuh, Danau Paris, Aceh Singkil menjadi salah satu lokasi Pilot Project Program Kampung Zakat tahun 2019,” ucap Salihin Mizal, Jumat (18/10/2019).

Menurut Salihin Mizal dalam waktu dekat ini, yakni Sabtu (26/10/2019), Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama RI akan berkunjung ke Aceh Singkil untuk meresmikan Program Kampung Zakat tersebut.

Ia menambahkan supaya program lancar dan sukses pihaknya telah berkoordinasi dengan Bupati Aceh Singkil, Kapolres dan pihak-pihak terkait lainnya. Malah, pihaknya telah melakukan tinjauan ke lapangan.

Berkaitan dengan penetapan Desa Situbuh-tubuh menjadi Project Program Kampung Zakat tahun 2019 di Indonesia, Salihin Mizal menjelaskan, di samping desa ini memiliki keberagaman etnis dan agama juga Desa Situbuh-tubuh tergolong desa tertinggal dan termiskin.

Sebelum ditetapkan dan digulirkan Situbuh-tubuh menjadi Kampung Zakat, terlebih dahulu staf Direktur Zakat dan Wakaf dari Kementerin Agama RI melakukan assessment yang mengacu pada standar indeks desa zakat.

“Dari hasil penilaian itu, tim menetapkan Desa Situbuh-tubuh layak untuk dijadikan Pilot Project Program Kampung Zakat,” ungkap Salihin.

Program ini katanya, didesain selama kurun waktu tiga tahun, yaitu fase perintisan, pelaksanaan, dan fase kemandirian dengan melibatkan  berbagai pihak seperti pemerintah pusat, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Lembaga Amil Zakat (LAZ), dan lain-lain, termasuk pemerintah kabupaten.

“Program ini adalah program sinergisitas, integratif, dan komprehensif. Membutuhkan perhatian penuh semua pihak,” pungkas Salihin Mizal.

Sementara itu, Camat Danau Paris Zul Helmi kepada aceHTrend di tempat terpisah mengatakan, ia sangat gembira ditunjuknya Desa Situbuh-tubuh menjadi Pilot Project Program Kampung Zakat.

Menurutnya, program ini akan berdampak pada perbaikan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa Situbuh-tubuh. Karena program ini bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Pihak kecamatan mendukung penuh program ini dan semoga bisa berhasil sebagaimana yang diharapkan,” imbuh Zul Helmi.

Adapun daerah lain yang ditetapkan Ditjen Bimas Islam sebagai lokasi Pilot Project Program Kampung Zakat di Indonesia tahun 2019, yaitu Kota Bekasi (Jawa Barat), Kabupaten Indragiri Hilir (Riau), Kabupaten Bulukumba (Sulawesi Selatan), Kabupaten Nunukan (Kalimantan Utara), Kabupaten Buru (Maluku), dan Kabupaten Nabire (Papua).[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK