Unsyiah Akan Buka Prodi Teknik Perminyakan dan Gas Bumi

ACEHTREND.COM,Banda Aceh- Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah, Dr. Alfiansyah Yulianur, BC., Kamis (17/10/2019) mengatakan, untuk mendukung pembangunan dunia migas di Aceh, pihaknya telah mendirikan sejumlah program studi teknik khusus, seperti teknik geologi. Dalam waktu dekat, Unsyiah juga akan membuka program studi teknik perminyakan dan gas bumi.

Hal ini disampaikan oleh Alfiansyah Yulianur pada seminar nasional tentang Sinergi Universitas, Industri, dan Pemerintah Aceh dalam Menemukan Sumber Cadangan Migas Baru di North Sumatra Basin dan Meulaboh Basin. Kegiatan yang diikuti ratusan peserta ini berlangsung di Aula Bappeda Aceh.

Menurut Alfiansyah, migas di Aceh harus dikelola dan diperhatikan dengan baik demi kemakmuran masyarakat. Terlebih lagi Aceh merupakan salah satu sumber migas terbesar di Indonesia.

“Sebagai institusi pendidikan, Unsyiah sangat peduli dengan permasalahan ini. Bahkan, telah mendirikan beberapa prodi khusus, seperti pertambangan dan geologi. Dalam waktu dekat, Unsyiah juga berencana mendirikan prodi terkait minyak dan gas,” katanya.

Dalam konteks ini, Unsyiah selain berkontribusi melalui berbagai riset dan sumber daya manusia yang siap memberikan dukungan bagi kemajuan industrilisasi migas di Aceh, juga menyiapkan SDM generasi muda Aceh melalui program atudi yang dibuka.

Hadir sebagai pemateri pada seminar tersebut yaiti Mirza Nur Ardhie (Subsurface manager at Triangle Pase Inc), Ferry Bastaman Hakim (Exploration Manager at Tately NV and Zaratex NV), Radian Zuhri Hartama (President Indonesia Business Unit Condrad Petroleum), Muhammad Mulyawan (Kepala Divisi Evaluasi dan Pengembangan Lapangan Badan Pengelola Migas Aceh). Seminar ini juga diikuti mahasiswa dari Universitas Malaysia Kelantan (UMK).

KOMENTAR FACEBOOK