Tim Zero Waste Aceh Selatan Bersihkan Sampah Usai Tabligh Akbar

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Tim Zero Waste Aceh Selatan bersama beberapa komunitas yang terdiri atas komunitas Gerak Sedekah, Tuan Tapa, dan anggota Pramuka melakukan aksi bersih-bersih mengumpulkan sampah usai tabligh akbar di Masjid Agung Tapaktuan, Jumat malam (18/10/2019).

Total sampah yang berhasil mereka kumpulkan sebanyak 40 kantong plastik dan 9 kardus minuman. Sampah-sampah tersebut kemudian dipilah menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah organik yang terdata, yaitu kotak kue, botol minuman, tisu, plastik pembungkus kue, bungkusan dan puting rokok, serta kardus minuman. Sedangkan sampah organik berupa daun pisang pembungkus kue dan sisa kue dari jamaah tabligh akbar.

Menurut salah seorang relawan, Masyhitah, sampah-sampah yang telah dikumpulkan tersebut akan dibawa ke tempat pembuangan akhir yang berada Pasie Rasian, Pasie Raja, Aceh Selatan.

“Alhamdulillah, semalam tim zero waste Aceh Selatan sudah melakukan kegiatan perdananya dengan ikut membersihkan sampah pada acara tabligh akbar,” ujar Masyhitah kepada aceHTrend, Sabtu (19/10/2019).

Ide dari kegiatan ini bermula dari inisiatif relawan yang mengikuti sosialisasi Zero Waste Acehpada (10/10/2019). Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sepakat untuk memulai aksi edukasi sampah pada acara tabligh akbar di Masjid Agung Tapaktuan.

Tujuan dari komunitas ini ialah agar Aceh Selatan terbebas dari sampah di masa depan. “Kegiatan tersebut sebagai salah satu cara kami untuk mengedukasi masyarakat untuk bijak mengelola sampah dan memilah sampah yang organik dan anorganik,” ungkap Masyitah yang juga bagian dari komunitas Perempuan Peduli Leuser.

Ia berharap ke depannya Aceh Selatan menjadi daerah yang masyarakatnya mampu mengelola sampahnya dengan baik dan mengurangi penggunaan barang plastik.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK