Mau Gratis Daftar Masuk Sekolah Fatih? Yuk Hadiri STEMS Expo 2019

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Fatih Bilingual School kembali menggelar Science, Technology, Engineering, Mathematics, dan Social Studies (STEMS) Expo 2019 pada Jumat-Sabtu (24-25/10/2019). Di kegiatan ini seluruh proyek percobaan sederhana yang dibuat oleh siswa SD, SMP, dan SMA Fatih Bilingual School akan dipamerkan. Ini merupakan wadah untuk mengajak peserta didik mengaplikasikan teori-teori pelajaran yang didapatkan di kelas dalam kehidupan sehari-hari. 

Fiki Nugraha HRD dari Fatih Bilingual School mengatakan, persiapan proyek STEMS dilakukan dalam waktu yang cukup lama dan diintegrasikan dalam proses pembelajaran di kelas. Para siswa diberikan timeline untuk menyelesaikan proyek STEMS yang mereka pilih secara berkelompok.  

“Sebelum mereka menampilkan proyek STEMS kepada khalayak umum, mereka harus mengajukan proposal percobaan yang dipilih, mempresentasikannya di depan dewan guru, membuat video percobaan yang diunggah ke akun YouTube mereka, dan mempersiapkan stan STEMS EXPO untuk dua hari acara,” ujar Fiki HRD Fatih Bilingual School melalui siaran pers, Rabu (23/10/2019). 

Melalui program Fatih STEMS EXPO parasiswa diajak untuk membangun 21st century skills atau yang biasa disebut 4C, yaitu: collaboration, communication, critical thinking, and creativity selain belajar memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Akan terdapat sekitar 100 stan proyek sederhana yang siap ditampilkan dalam kegiatan ini.    

Lebih lanjut Fiki mengatakan, STEMS Expo ini juga berbarengan dengan babak final FRICTION (Fatih Round ScienceCompetition) – National Series 2019. FRICTION adalah perlombaan dalam bidang olimpiade sains untuk level SD (bidang Matematika dan IPA), dan SMP (bidang Matematika, IPA dan IPS).  Babak penyisihan FRICTION telah dilakukan pada 5 Oktober 2019 secara offline di13 sekolah mitra yang tersebar di berbagai wilayah dan online secara nasional.  Dari 1.270 peserta yang mengikuti di babak penyisihan terpilih 250 peserta yang lolos ke babak final. Babak final akan digelar di Kampus Fatih Bilingual School pada 24-25 Oktober 2019.  

“Para finalis akan mengikuti science run dan tes final tertulis di mana hasil dari keduanya akan menentukan pemenang terbaik FRICTION – National Series 2019,” katanya.  

Acara ini juga akan diramaikan dengan seminar pendidikan untuk para guru dan masyarakat umum dengan tema  TITL (Technology Integrated in Teaching andLearning) Keunggulan dan Implementasi dalam Pendidikan pada Sabtu (25/10/2019). Seminar ini tidak dipungut biaya apa pun dan menghadirkan pembicara dari para guru Fatih Bilingual School yang memiliki latar beragam. Mereka, yaitu  Biadelma Nanda Illiandi (Guru Fisika – Northumbria University at Newcastle -Renewable and Sustainable Energy Technologies) dengan judul seminar: “Evolution of Teaching”; Gulbuddin Hikmatyar (Guru Fisika – Middle EastTechnical University – Mathematics (major), Physics (minor)) dengan judul seminar “Learning Management System (LMS)with Technologies”; dan Manda Edy Mulyono (GuruKimia – Erciyes University – Chemistry) dengan judul seminar “How to Teach in21st Century?”  

“Kami berharap semoga seminar ini menginspirasi peserta tentang bagaimana pemanfaatan penggunaan teknologi dalam pengajaran dan pembelajaran khususnya di dalam kelas. Hingga kemarin sudah 114 peserta yang mendaftar dari target 200 peserta dari berbagai institusi dan masyarakat umum,” ujar Fiki.  

Untuk meramaikan kegiatan, panitia juga mengadakan berbagai lomba online dan bazar. Adapun lombanya meliputi lomba fotografi, vlog, pantun, puisi, meme, dan comic strips. Lomba-lomba ini dibagi menjadi kategori SD, SMP, dan SMA, serta umum. Materinya cukup diunggah di akun sosial masing-masing peserta atau dikirim langsung ke panitia dan informasinya bisa dilihat di www.fatih.sch.id. Selain itu ada juga lomba yang digelar langsung pada hari Sabtu (25/10/2019) seperti lomba mewarnai untuk TK dan SD kelas 1-3, lomba menggambar tingkat SD kelas 4-6, serta lomba desain posteruntuk tingkat SMP kelas 7-9.  

Berkaitan dengan itu, pihak sekolah juga memberikan potongan harga khusus bagi para calon siswa Fatih untuk tahun ajaran 2020-2021 yang mendaftar selama acara berlangsung. 

“Kami sudah mulai membuka penerimaan calon siswa baru. Sekolah akan menggratiskan uang formulir pendaftaran sebesar Rp1,5 juta dan potongan khusus sebesar 30 persen admission fee atau 50 persen admission fee khusus alumni,” ujarnya.[]

KOMENTAR FACEBOOK