Peringati Rabu Abeh, Warga Abdya Datangi Destinasi Wisata

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Warga Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendatangi sejumlah lokasi destinasi wisata, baik pantai maupun objek wisata sungai dalam rangka memeriahkan tradisi “Rabu Abeh” (tolak bala) yang diperingati dalam setahun sekali.

Tradisi Rabu Abeh tersebut diperingati tepatnya di pengujung bulan Safar. Bulan Safar merupakan bulan kedua dalam kelender Islam setelah Muharram. Bulan ini diyakini sebagai bulan diturunkan bala atau penyakit, tepatnya pada Rabu terakhir. Sehingga, masyarakat Aceh umumnya menamai Rabu akhir bulan Safar dengan sebutan Rabu Abeh, sementara di Jawa dikenal dengan nama Rabu Wekasan.

Azis Iskandar, salah seorang warga Abdya mengatakan, setiap pengujung bulan Safar dirinya bersama keluarga selalu memperingati tradisi Rabu Abeh. Selain menghabislan waktu dengan keluarga di tempat-tempat wisata, perayaan Rabu Abeh juga tidak luput dari penyajian makanan-makanan khas Aceh seperti lemang dan ketupat.

“Kami sekeluarga setiap tahunnya memperingati tradisi ini. Sebab ini juga momentum untuk berkumpul dengan keluarga,” ungkap Azis saat ditemui aceHTrend di lokasi wisata Krueng Beukah, Blangpidie, Rabu (23/10/2019).

Azis menyebutkan, momentum Rabu Abeh ini juga dimanfaatkan oleh dirinya untuk menjalin tali silaturrahmi. Sebab, katanya, dengan perayaan tradisi tersebut, ia juga bisa bertemu dengan saudara, kerabat, dan teman-teman lama.

“Dengan ramenya orang di sini, saya juga bisa bertemu dengan saudara, dan teman-teman lama yang selama ini jarang berjumpa. Maka momentum ini juga saya manfaatkan untuk mempererat tali silaturrahmi,” ujarnya.

Dari informasi yang dihimpun aceHTrend, peringatan tradisi Rabu Abeh juga diperingati di destinasi wisata Ujong Manggeng, Pantai Lama Muda, dan sejumlah lokasi wisata lainnya.

Dalam peringati tradisi Rabu Abeh tersebut juga terpantau anggota Tagana Abdya yang siap siaga di masing-masing lokasi wisata guna mengantisipasi kejadian yang tidak di inginkan. Apalagi, kondisi cuaca di Abdya hingga hari ini masih diguyur hujan dengan intensitas sedang dan lebat.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK