Masyarakat Minta Kantor Camat Singkil Utara Dipindah

ACETREND.COM, Singkil – Hujan deras yang turun mengguyur Aceh Singkil dan sekitarnya sejak Senin menyebabkan ruas jalan di depan Kantor Camat Singkil Utara, Aceh Singkil tergenang banjir.

Pantauan aceHTrend pagi ini, Kamis (24/10/2019), air telah memasuki pekarangan dan ruangan kantor camat sehingga aktivitas pegawai di kantor tersebut menjadi terganggu.

Menurut keterangan Camat Singkil Utara, H Amril SH MSi kepada aceHTrend, dari kemarin ketinggian genangan air antara 20 hingga 60 sentimeter. 

Malah hari ini menurutnya air semakin tinggi karena hujan terus mengguyur Aceh Singkil. Apalagi air kiriman dari hulu mulai turun dan terus merambah ke ruangan kerja kantor.

Akibat banjir di kawasan itu yang telah menjadi langganan setiap tahun, muncul usulan dari masyarakat agar Pemkab Aceh Singkil merelokasi Kantor Camat Singkil Utara tersebut ke lokasi yang bebas banjir.

Herman Syah Otok seorang warga Singkil Utara meminta kepada bupati agar merelokasi Kantor Camat Singkil Utara.

Menurutnya, di samping saban tahun kantor itu dilanda banjir, sehingga mengganggu aktivitas perkantoran, kondisi fisik kantor itu pun sudah “kupak-kapik” dan tidak lagi layak ditempati.

“Pemkab Aceh singkil hendaknya merelokasi Kantor Camat Singkil Utara ke lokasi bebas banjir,” ucap Herman Syah.

Berkaitan dengan ini, Camat Singkil Utara H Amril mengatakan, ia setuju jika Pemkab Aceh Singkil memindahkan kantor camat ke daerah bebas banjir.

Sebab selain lokasi kantor camat sekarang setiap tahun dilanda banjir dan menggenangi ruang kerja. Konstruksi bangunan pun, tambah Amril, sangat mengkhawatirkan. Karena fisik bangunan sudah miring, akibat diterjang gempa dan tsunami Aceh tahun 2004 dan gempa bumi Nias tahun 2015. 

“Kemungkinan besar kondisi beberapa pondasi bangunan banyak yang patah. Hanya yang direhab dinding yang retak saja,” ungkap Camat Amril.

Selain itu, tambah camat, pengembangan pembangunan prasarana dan sarana lain seperti aula, musala, dan lain-lain, sangat susah. Di samping lokasi sempit juga tanah sekitar kantor sangat labil karena rawa.

“Saya akan mengusulkan pada bupati agar kantor Camat Singkil Utara ini dipindah ke lokasi yang bebas banjir,” tutup H Amril.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK