Tertarik dengan Isu Perdamaian dan Toleransi? Yuk, Ikut Youth-Lead Program

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Kawula muda Aceh yang tertarik dengan isu-isu perdamaian, toleransi, dan pengembangan diri, bisa mengikuti program Youth-Lead Strengthening Youth Leaders Capacity and Network for Peace Building yang pendaftarannya tela dibuka dan berlangsung hingga 5 November 2019.

Youth-Lead adalah program yang digagas oleh Organisasi Kepemudaan The Leader bekerja sama dengan Indika Foundation sebagai wadah belajar bagi 30 pemuda dan pemudi Aceh.

“Para peserta yang lulus mengikuti seleksi administrasi dan wawancara akan dibekali penggalian nilai-nilai perdamaian dan antikekerasan, keberagaman, dan inklusivitas, pengembangan kapasitas diri untuk menyusun rencana mimpi, pelatihan soft skill, dan rencana aksi,” ujar Khalida Zia, Project Officer Youth-Lead kepada aceHTrend, Jumat (25/10/2019).

Kegiatan ini akan diselenggarakan di Kota Banda Aceh pada 5-8 Desember 2019, tetapi para peserta akan mengikuti beberapa sesi sebelum dan sesudah kegiatan training.

“Peserta akan mengikuti online learning sebelum mengikuti training yang difasilitasi oleh Tim The Leader dan mentor muda Indonesia dan luar negeri, dan juga mengikuti post training class untuk menindaklanjuti projek dan kegiatan yang ingin dijalankan nantinya,” ujar peneliti muda PPISB Unsyiah ini.

Program ini akan mendorong peserta untuk memiliki keterampilan dasar dalam memimpin, mengorganisir kelompok, berjejaring, serta memanfaatkan media untuk mempromosikan perdamaian.

“Kita ingin lebih banyak menciptakan agen perdamaian dari pemuda melalui aksi-aksi nyata yang dilakukannya,” ujarnya.

Kegiatan ini diselenggarakan secara gratis dan tidak ada biaya pendaftaran. Bagi kawula muda yang tertarik dan berkomitmen mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini silakan akses www.the-leader.org/youth-lead untuk informasi selanjutnya.

Program ini juga didukung oleh Nutrifood Indonesia, OZ Radio Banda Aceh dan Pusat Penelitian Ilmu Sosial dan Budaya Universitas Syiah Kuala, serta aceHTrend.com.[]

KOMENTAR FACEBOOK