FSH UIN Ar-Raniry Raih Juara III Debat Hukum Nasional

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Tim debat mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh berhasil meraih juara III dalam rangka Sharia Event 2019 di UIN Sumatera Utara Medan, Kamis (24/10/2019).

Kegiatan ini turut didampingi langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Ar-Raniry, Dr. Saifullah, M.Ag.

Melalui rilis yang diterima aceHTrend, Saifullah menyampaikan apresiasi kepada tim debat dari UIN Ar-Raniry.

“Selamat kepada para mahasiswa. Semoga ke depan dapat terus mengukir prestasi-prestasi lainnya di tingkat nasional maupun internasional,” kata Saifullah, Sabtu (26/10/2019). 

Menurutnya rangkaian acara tersebut beberapa di antaranya ialah Silaturahmi Nasional Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Senat Mahasiswa (SEMA), serta debat mahasiswa FSH PTKIN se-Indonesia, berlangsung di Medan, 22-24 Oktober 2019. Tim FSH UIN Ar-Raniry meraih juara III debat hukum PTKIN se-Indonesia.

Debat tersebut diikuti oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dari seluruh Indonesia. Tidak hanya debat, lomba karya tulis ilmiah dan lomba qira’at al-kutub pun juga ikut mewarnai dalam rangkaian acara Sharia Event 2019 tersebut.

Wakil Dekan III FSH UIN Ar-Raniry Saifuddin Saddan, M.Ag menyebutkan, tim debat FSH UIN Ar-Raniry beranggotakan Irsal Hadi (Program Studi Hukum Tata Negara), Mahlil Ridwan (Program Studi Ilmu Hukum), dan Putri Balqis Vilza (Program Studi Hukum Ekonomi Syariah). 

Mereka meraih juara ketiga setelah tampil gigih melawan utusan IAIN Batu Sangkar Padang yang tampil sebagai juara pertama dan adapun juara kedua diraih tim debat UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau.

“Ini menjadi suatu kebanggaan bagi Aceh umumnya, dan UIN Ar-Raniry khususnya. Kita berharap prestasi ini dapat memberikan motivasi mahasiswa-mahasiswa FSH UIN Ar-Raniry agar tidak pantang menyerah dan terus berusaha untuk memberikan hasil yang terbaik,” ujar Saifuddin Saddan.

Sementara Irsal Hadi, salah satu tim debat, mengatakan sangat antusias dalam mengikuti kompetisi ini. Mereka harus bersaing dengan tim-tim dari PTKIN se-Indonesia.

“Walaupun kami tidak membawa juara pertama, kami tetap bersyukur dengan hasil ini.”

Ia berharap, hasil itu dapat memotivasi mahasiswa lain agar bisa lebih berprestasi di masa mendatang. “Semoga dengan hasil ini dapat membangkitkan semangat mahasiswa di FSH UIN Ar-Raniry lain agar tidak pantang menyerah dan terus belajar,” kata Irsal.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK