Nurdianto Pimpin Upacara Sumpah Pemuda di Abdya

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya), Nurdianto, memimpin upacara Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Abdya, Senin (28/10/2019).

Dalam upacara yang mengusung tema “Bersatu Kita Maju” tersebut, turut dihadiri Sekda Abdya, Drs. Thamrin, Kapolres Abdya, AKBP Moh Basori SIK, Dandim 0110/Abdya, diwakili Pasi Intel Kodim, Kapten Fajar, Kejari Abdya diwakili oleh Azwar, SH, Ketua MPU Abdya, Tgk Muhammad Dahlan, KNPI, IMM, HMI, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua DPRK Abdya, Nurdianto mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda, sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

“Tema Bersatu Kita Maju pada upacara sumpah pemuda ke-91 ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda,” ujar Nurdianto.

Ia menyebutkan, pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau, di mana satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Sementara di sisi lain, katanya, perkembangan ini juga mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudah, apabila pemuda tidak dapat membendung dengan benteng ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu, lanjutnya, pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja serta pemuda yang beriman dan bertakwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

“Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional,” pungkas Nurdianto.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK