Pantai Lhoknga dan Lampuuk Masih Tercemar Tumpahan Baru Bara

Anggota Lhoknga Surf Team mengumpulkan sisa batu bara di area pantai. @ist

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Meski sudah pernah dibersihkan, pantai Lhoknga dan Lampuuk di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar masih dicemari tumpahan batu bara. Hal ini disampaikan Zaki Mulia dari Lhoknga Surf Team, Selasa (29/10/2019).

Menurut Zaki, tumpahan batu bara ini berasal dari kapal tongkang pengangkut batu bara yang terdampar dan patah pada 29 Juli 2018.

“Meski sudah pernah dibersihkan, tapi sampai sekarang sebaran batu bara masih banyak terhampar di laut, di terumbu karang, dan sebagian tampak jelas di pinggir pantai,” kata Zaki dalam rilis yang diterima aceHTrend.

Karena itu Zaki meminta pihak terkait agar segera melakukan pembersihan kembali sehingga tidak merugikan potensi wisata bahari Lhoknga. Apalagi kata Zaki pihaknya sedang pelan-pelan memperkenalkan potensi wisata laut ke masyarakat luar.

“Jangan sampai tumpahan ini menjadi penyebab berkurangnya pengunjung atau wisatawan, belum lagi dampak lingkungan terutama masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, yang mencari nafkah di laut Lhoknga dan Lampuuk,” ujarnya.

Zaki juga mempertanyakan komitmen PT Solusi Bangun Andalas dan perusahaan pengangkut/pemilik kapal tongkang agar terbuka ke pemerintah dan masyarakat sekitar karena sampai saat ini tidak mengetahui berapa yang sudah diangkut atau dibersihkan, berapa yang tersisa, dan bagaimana kelanjutan pembersihannya.

Kemudian kepada Dinas Lingkungan Hidup Aceh dan Aceh Besar demikian halnya, perangkat gampong dan kemukiman untuk terus mengawasi proses pembersihan ini.

Terlebih kata Zaki, pada November 2019 akan dilaksanakan event tingkat nasional Aceh Surfing Camphionship. Ini momentum untuk memperkenalkan peselancar muda Aceh khususnya Lhoknga ke tingkat nasional dan juga untuk mengundang wisatawan ke Lhoknga.

“Jadi saya minta semua pihak untuk bisa menyelesaikan masalah ini sebelum event itu dilaksanakan,” tutur Zaki Mulia.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK