Tiga Putra-putri Singkil ke Tingkat Nasional Lomba Qasidah Gambus

ACEHTREND.COM, Singkil – Tiga putra-putri terbaik Aceh Singkil akan bertarung dalam ajang lomba seni qasidah gambus tingkat nasional yang digelar di Ambon, Maluku.

Kepastian Aceh Singkil melaju ke tingkat nasional ini disampaikan koordinator lomba qasidah gambus Aceh Singkil Doktor Teuku Syahminan M Ag kepada aceHTrend, Selasa (29/10/2019).

Syahminan menjelaskan, beberapa hari lalu, dalam Seleksi Daerah (selekda) Qasidah Gambus Aceh yang digelar oleh Biro Isra Setda Aceh di Anjong Mon Mata Banda Aceh, tim dari Aceh Singkil tampil maksimal dan tiga orang di antaranya menggondol juara pertama.

Mereka yang mengondol juara pertama, yaitu Suri Haryati, kategori Dewasa Putri, Mukhairir Fikri, kategori Remaja Putra, dan Cut Zhidah Anisah kategori Anak-anak Putri.

Sebagaimana disampaikan oleh dewan juri, kata Syahminan, sang juara pertama akan mewakili Aceh dalam lomba qasidah gambus di tingkat nasional.

“Jadi dengan demikian, ada tiga orang putra-putri Aceh Singkil dipastikan menjadi utusan Aceh mengikuti lomba seni qasidah gambus tingkat nasional yang berlangsung pertengahan November ini di Ambon,” tukas Syahminan.

Setiap provinsi seluruh Indonesia dalam ajang lomba seni qasidah gambus tingkat nasional, harus mengirimkan enam orang utusan.

Tiga utusan dari Aceh Singkil, tiga lainnya dari dari Aceh Barat atas nama Khairul Huda kategori Dewasa Putra. Kemudian dari Aceh Tamiang, Jihan Afifah katagori Remaja Putri, dan dari Sabang kategori Anak-anak Putra.

Sebagai koordinator tim Aceh Singkil, Syahminan berdoa agar putra-putri Aceh Singkil bisa tampil maksimal dan meraih juara.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK