Arus Wisatawan Asing ke Aceh Kian Meningkat

Turis mancanegara di objek wisata kapal di atas rumah di Lampulo, Banda Aceh, Sabtu (2/11/2019) @aceHTrend/Taufik Ar-Rifai

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Aceh akhir tahun ini semakin meningkat. Informasi yang diperoleh aceHTrend, arus pelancong yang berkunjung ke negeri Serambi Mekah umumnya didominasi Malaysia dan Eropa.

Data tersebut diperoleh berdasarkan daftar buku tamu yang berkunjung ke sejumlah lokasi wisata, di antaranya Museum Tsunami Aceh, PLTD Kapal Apung, Masjid Raya Baiturrahman, dan kapal di atas rumah di Lampulo, Banda Aceh.

“Rata-rata per harinya ada sekitar 100 turis mancanegara yang berkunjung kemari. Kadang-kadang bisa jumlahnya bisa lebih,” ujar Salmi Hardianti, pemandu turis di kKapal di atas rumah desa Lampulo, Banda Aceh, Sabtu (3/11/2019).

Menurutnya, jumlah wisatawan mancanegara yang berlibur ke Aceh melonjak selama empat bulan terakhir. Umumnya para turis mancangara yang berlibur ke Aceh banyak menghabiskan waktunya untuk berselancar di pantai Lhoknga. Mereka mulai berdatangan sejak awal November hingga April 2020 nanti.

“Sangat menarik sekali. Apalagi ketika pertama mendengar cerita tsunami di Aceh, saya sangat sedih sekali,” ujar turis asal Swedia, Sebastian Kriz.

Dirinya mengaku baru tiba di Aceh pada Sabtu pagi. Setiba di sana, ia menyempatkan diri untuk mengunjungi sejumlah destinasi wisata lainnya seperti Musuem Tsunami, Kapal PLTD Apung dan kuburan massal di Ulee Lheue.

“Sebaiknya kapal ini harus betul dijaga dan dirawat dengan baik agar kualitasnya tetap terjaga. Bila perlu dibuat tempat pelindung agar tidak rusak karena sinar matahari dan hujan. Kalau di negara kami, sungai biasa saja disulap menjadi taman. Apalagi kalau di Aceh ini alamnya sangat indah, jangan disia-siakan,” ujar Sebastian.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK