Akmal Ibrahim Ingin Menjadi Investor Sambal Sunti Terbaik

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, mengutarakan keinginannya untuk menjadi investor sambal sunti terbaik Aceh tahun 2020 mendatang.

Hal itu, ia ungkapkan saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Festival Asam Sunti perdana yang diikuti puluhan peserta dari berbagai kecamatan yang diselenggarakan di lokasi wisata Pantai Bali, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya, Senin (4/11/2019).

“Yang pertama ingin saya sampaikan, bahwa saya datang dan saya buat acara festival ini bukan atas nama bupati, karena kegiatan ini bukan agenda pemerintah, dan tidak menggunakan uang pemerintah dalam festival ini. Namun festival ini murni dari saya pribadi dan istri,” ungkap Akmal Ibrahim.

Menurut Akmal, sambal sunti Aceh merupakan sambal sunti terbaik di dunia. Namun, selama ini bentuknya tidak konsiten, sehat belum tentu menyehatkan. Maka, katanya, diperlukan formula baru agar enak dan menyehatkan.

“Anak saya rata-rata jelang pendidikannya pesantren, ketika mengunjungi anak, saya melihat istri saya selalu masak, masak lado ini, masak lado itu, kasihan istri saya. Tentu saja saya ingin yang lebih praktis, tapi saat saya cari-cari di pasaran tidak ada yang jual,” ujarnya.

Akmal menyebutkan, anak-anak Aceh yang di pesantren, kuliah, bahkan warga Aceh yang di luar, baik di Jakarta, Malaysia, dan seluruh dunia pasti merindukan sambal sunti. Sebab, kata Akmal, sambal sunti tidak ada duanya.

“Tapi orang tidak melihat ini sebagai sebuah peluang potensi bisnis yang besar, sehingga saya merenung-renung mencari jawaban kenapa dengan semua ini. Semua orang hanya buat sambal sunti itu sebagai kebutuhan dirinya atau kerabatnya dalam skala yang bukan bisnis. Sehingga saya diskusi dengan kawan-kawan, kenapa tidak ada yang mau menjadi investor sambal sunti, dan membuat perusahaan dalam bisnis ini,” katanya.

Padahal, sambung Akmal, modal dalam bisnis ini tidak tergolong banyak, membuatnya juga mudah dan mengemasnya juga gampang.

“Hari ini timbul tanda tanya, siapa orang yang paling enak membuat sambal sunti di Abdya, kalau tidak ada, biar saya yang buat,” papar Akmal yang disambut tawa peserta festival.

Oleh sebab itu, lanjut Akmal, dirinya ingin menjadi investor sambal sunti terbik Aceh, dengan cara membuat sistem manajemen dan perusahaan sambal sunti.

“Saya ingin menjadi investor sambal sunti terbaik Aceh, saya akan bikin sistem manajemen dan perusahaan, ini sebuah tantangan menarik. Makanya ide ini muncul dari tandanya dan keinginan saya membuat perusahaan sambal sunti terbaik. Sebab, sambal sunti ini ajaib, sambal sunti tidak bisa lekang dari lidah orang Aceh,” tuturnya.

Dirinya mengimbau, bagi siapa saja yang memiliki kemampuan membuat sambal sunti terbaik sudah tergolong menjadi orang hebat.

“Saya tahun depan berecana akan membikin perusahaan yang memproduksi dan memasarkan sambal sunti Aceh. Makanya fetival ini tidak memakai uang pemerintah, sebab nanti kalian akan menjadi karyawan saya. Maka saya harap bagi peserta yang ikut festival ini agar membikin sambal sunti terbaiknya. Setelah ini dinikmati, kemudian saya akan buat les, terkait unsur sambal sunti, baik terkait berapa vitamin C-nya, kolesterolnya dan segala macam unsur yang terkandung dalam sambal sunti, termasuk cara membuat sambal sunti yang menyehatkan,” pungkas Akmal.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK