Teungku Arrazi Imsal: Ulama Ibarat Lentera yang Menerangi Umat

ACEHTREND.COM, Singkil – “Kehadiran dan kedudukan ulama di tengah-tengah umat di suatu negeri sangat penting. Ulama ibarat lentera yang menerangi umat dan menyinari sebuah negeri. Makmur dan sejahteranya sebuah negeri, sangat tergantung pada kehadiran dan keberadaan ulama.”

Pernyataan ini disampaikan oleh Teungku Arrazi Imsal dari Ponpes Darul Ilham, Labuhan Haji, Aceh Selatan di hadapan ribuan jamaah yang menghadiri haul ke-7 Abuya Teungku Syekh H Zamzami Syam, Ahad (3/11/2019).

Melalui ulama, tambahnya, akan diketahuilah halal-haram, hak-batil, baik-buruk dan bermanfaat atau tidaknya sesuatu.

Ulama akan menghidupkan hati-hati para pencari kebenaran dan memadamkan hati para pelaku penyimpangan.

Karena itu, kita sebagai pengikut, santri, alumni atau siapa saja wajib menjaga nama baik dan melaksanakan ajaran para ulama baik ketika mereka masih hidup maupun setelah mereka meninggal, baik ketika mereka ada maupun tidak ada.

Menjaga nama baik dan melaksanakan ajaran ulama, haruslah dengan hati yang penuh cinta dan penghormatan. Kemudian mengambil faedah dari ilmu mereka. Beradab dengan adab dan akhlak mereka.

“Seorang yang mencaci-maki, mencela, dan memfitnah ulama, dan tidak peduli dan mau melaksanakan ajaran ulama maka mereka telah melakukan dosa besar dan seburuk-buruk penghinaan,” tutur Teungku Arrazi Imsal .

Acara haul ke-7 yang digelar di Kompleks Pesantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf Singkil itu, dihadiri Bupati Aceh Singkil Dulmusrid dan Sekdakab Drs Azmi. Selain itu hadir pula Pimpinan Pondok Pesantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf Singkil, Abu Muda Irsyadul Fikri, dan Ustaz Junaidi, selaku Pimpinan Ponpes Darul Irsyad, Suka Damai.

Tak ketinggalan hadir Ustaz Mursal, Pimpinan Dayah Darul ‘Ulum, Pulo Sarok, dan Ustaz Khalidin Piminan. Ponpes Darut Ta’dib, Singkil Utara, Ketua NU Aceh Singkil, Ustaz H Roesman Hasmi, dan rombongan dari Labuhan Haji, serta undangan lainnya.

Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid dalam sambutannya mengatakan, Abuya Teungku Syekh H Zamzami Syam adalah sosok tokoh ulama Aceh Singkil.

Karena ketokohannya agaknya akhlak dan sikapnya serta perjuangannya dalam memajukan umat Islam, patut dikenang dan teladani.

Dalam rangkaian memperingati haul ke-7 Abuya Teungku Syekh H Zamzami, santri Pesantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf Singkil juga menggelar bedah buku sang pendiri dan guru pesantren tersebut yang berjudul “Menapak Jejak Abuya Teungku Syekh H Zamzami Syam“.

Buku yang ditulis wartawan aceHTrend, Sadri Ondang Jaya itu, isinya membentangkan kisah dan kiprah hidup Abuya Teungku Syekh H Zamzami Syam baik saat menuntut ilmu, sebagai ulama, dai, pendidik, maupun sebagai organisatoris dan politisi.

“Dengan adanya buku biografi ini, generasi muda akan tahu bagaimana kisah hidup, jejak Abuya Teungku Syekh H Zamzami dalam berdakwah dan menjadi pelopor pendidikan di Aceh Singkil,” ungkap M Yusuf seorang panitia haul ke-7.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK