Unik! Abdya Gelar Festival Asam Sunti

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Puluhan perempuan yang didominasi kaum milenial dari berbagai kecamatan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mengikuti dan memperebutkan piala Akmal Ibrahim dalam ajang Festival Sambal Sunti yang dilaksanakan di lokasi wisata Pantai Bali, Kecamatan Susoh, Abdya, Senin (4/11/2019).

Pelaksanaan festival tersebut perdana dilakukan oleh Akmal Ibrahim bersama istri, Idawati, untuk mencari bibit-bibit kreatif pembuat sambal khas Aceh tersebut.

Ketua panitia pelaksana, Muhammad taufik menyebutkan, pelaksanaan Festival Sambal Sunti itu tidak menggunakan anggaran daerah. Namun, semua biayanya ditanggung secara pribadi oleh Akmal Ibrahim serta keluarga.

“Festival ini langsung disponsori oleh Pak Akmal Ibrahim dan keluarga. Beliau tidak menggunakan anggaran daerah dalam festival ini. Beliau melakukan festival ini ingin melihat kreativitas generasi muda Abdya dalam membuat sambal khas Aceh ini. Nanti bagi pemenang, akan dipatenkan serta langsung dipasarkan oleh beliau,” ungkap Muhammad Taufik.

Ia mengatakan, sambal khas Aceh tersebut selama ini hanya dijadikan sebagai hidangan di rumah tangga. Padahal, sambal yang memiliki rasa dan aroma nikmat tersebut juga memiliki peluang untuk dipasarkan, baik lokal maupun nasional.

“Sambal sunti ini merupakan sambal khas Aceh. Maka sudah seharusnya makanan tradisional ini kita perkenalkan kepada masyarakat luas, sebab dengan sambal ini, kaum perempuan juga bisa menciptakan peluang dalam membangkitkan ekonomi keluarga,” jelasnya.

Taufik menyebutkan, karena memiliki peluang besar, Akmal Ibrahim mencoba untuk menggali potensi dari kaum perempuan Abdya agar menjadikan sambal sunti tersebut sebagai salah satu potensi perekonomian kaum perempuan.

“Kami berharap dengan festival ini bisa menumbuhkan kreativitas kita dalam melihat peluang-peluang besar yang bisa kita manfaatkan untuk peningkatan ekonomi keluarga. Maka oleh sebab itu, kami berharap bagi peserta agar benar-benar menunjukkan kebolehannya dalam mengolah sambal sunti sehingga nantinya bisa dibuat dan siap dipasarkan. Kami yakin, jika kualitas sambal sunti ini baik, maka tidak tertutup kemungkinan bisa mendunia,” pungkas Taufik.

Dalam acara festival tersebut, ikut hadir Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, Wakil Bupati Muslizar MT, Waka Polres Abdya, Kompol Ahzan, perwakilan Dandim 0110/Abdya, ketua PN Blangpidie, Zulkarnain, Kasubag TU Kemenag Abdya, Tajri, para kepala SKPK serta tamu undangan lainnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK