4.557 Jargas Rumah Tangga di Kecamatan Dewantara Diresmikan

ACEHTREND.COM, Lhoksukon- Kementerian ESDM bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Utara meresmikan jaringan gas sebanyak 4.557 sambungan rumah (SR) untuk wilayah Kecamatan Dewantara. Peresmian penggunaan gas bumi itu dilaksanakan di Gampong Tambon Baroh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Senin (4/11/2019).

Kementrian ESDM Dirjen Migas melalui Kasubdid Perencanaan dan Pembangunan Migas, Wahyudi Akbari mengatakan program Jargas ini merupakan wujud keberpihakan pemerintah kepada masyarakat dengan mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Pembangunan jargas untuk dapat menghematkan bahan bakar dan membantu ekonomi masyarakat mandiri, tapi hal yang terpenting dapat mengurangi beban subsidi dari elpiji,” katanya.

Sedangkan General Maneger Pertamina Hulu Energi NSO dan NSB, Akmad Miftah, mengatakan ini program ketiga untuk pertamina yang sebelumnya dilaksanakan di Lhoksukon, Lhokseumawe, dan Dewantara. Pertamina sangat mendukung untuk program ini karena bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR).

“Di tahun 2020 akan ada program lain di Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, termasuk di Aceh Uara dan Lhokseumawe,” ujarnya.

Ia menambahkan di Aceh Utara yang sudah tersambung dengan gas bumi ini dari lima cluster sudah tiga cluster diselesaikan, ada beberapa harus dilakukan penyempurnaan, ditargetkan pada bulan Desember 2019 program ini diharapkan selesai.

Sementara itu, Sekda Aceh Utara Abdul Aziz menyebutkan saat ini warga bisa memanfaatkan gas yang terkandung di bumi Aceh untuk keperluan dapurnya sendiri.

ia menambahkan program ini dapat memberikan dampak positif untuk masyarakat Aceh Utara baik di sisi ekonomi maupun sosial.

“Kami berharap kepada PT Pertamina Gas dan Kementerian Migas agar sambungan Jargas tidak sampai di sini. Ke depannya mudah-mudahan sambungan Jargas bisa dirasakan secara menyeluruh oleh masyarakat Aceh Utara,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin