Muslizar: Tagana adalah Tempat Pengabdian

Wabup Abdya Muslizar @aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT mengajak seluruh relawan Tagana gampong untuk menjadikan Tagana sebagai tempat pengabdian.

Hal itu diungkapkan Muslizar saat membuka sosialisasi Tagana gampong yang berlangsung di Aula Kantor Bappeda Abdya, Selasa (5/11/2019).

“Keikhlasan adalah modal utama bagi relawan Tagana. Sebab Tagana ini adalah tempat bagi kita untuk mengabdi kepada masyarakat,” ujar Muslizar.

Ia mengatakan, kehadiran relawan Tagana gampong sebanyak 456 orang yang tersebar di 152 gampong dalam Kabupaten Abdya diharapkan mampu menjadi mata, telinga, tangan, dan kaki bagi masyarakat Kabupaten Abdya, khususnya di gampong masing-masing.

“Kita adalah ujung tombak bagi masyarakat. Artinya setiap laporan, bantuan dan dedikasi yang kita berikan, di situ kita sudah memberikan yang terbaik untuk gampong kita masing-masing. Oleh karena itu, kepada relawan gampong yang sudah terbentuk agar serius dalam mengikuti sosialisasi ini sebagai bekal bagi kalian untuk menjadi relawan Tagana Abdya,” ujar Muslizar.

Di Tagana ini, kata Muslizar, yang dikedepankan adalah rasa kepekaan sosial terhadap lingkungan masyarakat. Sebab kehadiran Tagana di gampong-gampong harus mampu memberikan nilai-nilai positif bagi masyarakat.

Selain itu, sambungnya, sebagai tempat memberdayakan dan mendayagunakan generasi muda dalam berbagai aspek penanggulangan bencana, khususnya berbasis masyarakat, keberadaan Tagana juga diharapkan hadir dalam melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan. Artinya, kata Muslizar, relawan Tagana diharapkan mampu menjadi relawan yang bisa menyosialisasikan penyebab, tanda-tanda dan efek dari bencana itu sendiri.

“Yang perlu kita sadari bersama, bencana itu tidak mengirim surat atau SMS dulu kapan dan di mana dia akan hadir. Oleh sebab itu, relawan Tagana harus memiliki kesiapsiagaan dalam hal penanggulangan bencana,” pesannya.

Selama ini, lanjut Muslizar, kerja keras yang dilakukan oleh relawan Tagana Abdya sudah sangat baik dan efektif, baik penanggulangan bencana kebakaran, abrasi, dan kebakaran lahan serta rumah penduduk.

“Maka oleh sebab itu, dengan adanya relawan baru di setiap gampong agar lebih meningkatkan lagi kinerja relawan Tagana untuk kepentingan masyarakat umum. Dan saya selaku wakil bupati siap kapan pun bersama teman-teman Tagana untuk dalam melakukan kegiatan-kegiatan sosial,” pungkas Muslizar.[]

Editor : Ihan Nurdin