Pentingnya Inovasi Produk bagi Pelaku Usaha Souvenir

Dhani Kurniawan @aceHTrend/Yelli Sustarina

ACEHTREND.COM. Banda Aceh – Inovasi produk sangat penting bagi seorang pengrajin, khususnya untuk usaha souvenir atau cinderamata agar para konsumen tertarik membelinya. Hal itu disampaikan pengrajin kulit dari Yogyakarta, Dhani Kurniawan, kepada para pengrajin yang mengikuti pelatihan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh di Hotel Al-Hanifi, Selasa (5/11/2019).

Tujuan dari inovasi produk ini menurut Dhani dapat meningkatkan kualitas produk, mengurangi biaya produksi, menciptakan pasar baru, memperluas jangkauan produk, dan mengganti produk lama yang dianggap sudah biasa menjadi produk baru. Seperti inovasi yang dilakukannya, yaitu membuat tas kulit dengan pewarnaan alam.

Menurut Dhani, usaha souvenir atau cinderamata ini sangat rawan untuk ditiru sehingga perlu ada inovasi yang membuat produk tersebut berbeda dengan produk lain.

“Ini saya alami sendiri ketika membuat tas kulit, tiba-tiba ada orang lain yang meniru. Namun, saya mencari cara bagaimana produk yang saya hasilkan berbeda dengan yang lain, hingga akhirnya saya menggunakan pewarna alam untuk bahan tas saya yang belum pernah digunakan orang lain,” ujar Dhani sambil memperlihatkan hasil produknya.

Pewarna alam sebenarnya sangat mudah untuk dibuat, hanya saja perlu teknik dan cara khusus agar warna yang ditampilkan lebih tegas dan menarik. Di sini Dhani menjelaskan sedikit tentang proses pewarnaan alami yang dibuat untuk tas kulit dan produk-produknya.

Dalam acara tersebut, Dhani juga meminta masing-masing peserta memperkenalkan diri dan hasil produk yang dibuat pengrajin. Dari pengenalan singkat itu, ia menyarankan agar para pengrajin di Aceh bisa saling berkolaborasi untuk menghasilkan inovasi produk karena dalam menciptakan produk tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri.   

Oleh karena itu, ia memberikan beberapa tips bagi para pengrajin yang ingin melakukan inovasi dengan produknya. Pertama, fokus dengan produk yang dikembangkan dan abaikan apa kata orang. Kedua, ambil sudut pandang yang berbeda dan tidak pernah terpikirkan orang sebelumnya. Ketiga, maksimalkan tampilan visual dengan paduan warna yang menarik. Keempat, berikan sentuhan rasa yang unik, dan terakhir berani tampil beda.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK