Puluhan Kepala Perpustakaan Sekolah Dibekali Sistem Otomasi Perpustakaan

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Sebanyak 30 peserta yang merupakan perwakilan kepala perpustakaan sekolah dilatih dan dibekali pelatihan sistem otomasi perpustakaan berbasis web dengan menggunakan aplikasi INLISLite Versi 3, di Hotel Mekkah, Banda Aceh, Selasa (5/11/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional RI itu, bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh menghadirkan narasumber dan Instruktur dari Alumni Prodi Ilmu Perpustakaan yang tergabung dalam Aceh Library Consultant (ALC) masing-masing Arkin, S.IP dan Zulfiqri S.IP.

Panitia pelaksana, Rabiatun Adawiyah, S.Pd menjelaskan, pelatihan ini dilaksanakan untuk meng-upgrade pengetahuan para kepala perpustakaan sekolah dalam mengelola perpustakaan dengan sistem otomasi.

Pelatihan ini, kata Rabiatun selaku Kasi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Perpustakaan, merupakan bagian dari rangkaian materi dan Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI Angkatan IX. Berlangsung selama 11 hari mulai 28 Oktober sampai dengan 8 November 2019.

“Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta yang merupakan perwakilan kepala perpustakaan sekolah. Mereka dibekali dengan berbagai keterampilan dasar tentang penggunaan dan pemanfaatan aplikasi INLISLite untuk pengelolaan perpustakaan di era sekarang ini,” kata Rabiatun.

Sebelumnya, kata Rabiatun para peserta telah dibekali dengan berbagai materi dan keterampilan khusus tentang pengembangan soft skill dan peningkatan kompetensi para pengelola dan kepala perpustakaan, dengan menghadirkan narasumber dari Perpustakaan Nasional RI, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, dosen dan alumni Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry.

“Diklat ini bertujuan untuk membekali peserta dalam mengelola perpustakaan, sehingga peserta pendidikan dan pelatihan setelah kegiatan ini dapat melaksanakan kegiatan rutin perpustakaan, mulai dari pengadaan, pengolahan, perawatan koleksi, dan pelayanan perpustakaan dan lain sebagainya dengan maksimal,” katanya.

INLIS Lite merupakan perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) sejak tahun 2011.[]

Editor : Ihan Nurdin