Anggota DPRK Aceh Singkil: Kehadiran Jurusan Pariwisata di SMK Sudah Mendesak

ACEHTREND.COM, Singkil – Dalam beberapa tahun belakangan ini, industri parawisata di Aceh Singkil sedang menggeliat dan bergairah. Namun kemajuan industri parawisata tersebut belum dibarengi dengan kesiapan sumber daya manusia yang terampil guna mendukung perkembangan industri parawisata itu.

Karena itu warga Aceh Singkil termasuk anggota DPRK Aceh Singkil sangat mendukung pembukaan jurusan parawisata ini.

Subkiyadi, salah seorang tokoh masyarakat Aceh Singkil melalui aceHTrend, Kamis (7/11/2019), mengatakan, sangat mendukung pembukaan jurusan parawisata di SMK. Sebab jurusan pariwisata, sangat sesuai dengan ekosistem dan lingkungan Aceh Singkil.

Ditambah lagi destinasi wisata di Aceh Singkil banyak dan beragam. Ada objek wisata laut dan pantai, wisata sejarah, danau, sungai, wisata rawa dengan beraneka ragam flora dan faunanya dan objek wisata budaya dan kuliner.

Kalau jurusan ini dibuka, kata Subkiyadi, akan menimbulkan minat baru bagi siswa-siswa. Ini akan menjadi jurusan yang diminati mereka.

Sementara itu anggota DPRK Aceh Singkil, Fairuz Akhyar, mengatakan, pembukaan jurusan pariwisata sangat mendesak di SMK-SMK di Aceh Singkil. 

Dengan adanya jurusan pariwisata itu, kata Fairuz, sangat membantu penyiapan sumber daya manusia (SDM) di bidang kepariwisataan.

Tamatan jurusan parawisata dari SMK itu nanti, ungkap Fairuz, akan bisa mengisi kebutuhan tenaga kerja yang bergerak di bidang perhotelan, kuliner, dan pemandu wisata.

“Mereka nanti bukan hanya sekadar pekerja, bukan tidak mungkin dengan ilmu yang mereka miliki, mereka bisa menjadi pengusaha di bidang wisata,” ujar Fairuz.

Lebih lanjut anggota DPRK dari Partai Demokrat ini menjelaskan, pengembangan pariwisata, tidak hanya melulu soal infrastruktur tapi perlu penyiapan sumber daya manusia.

“Jadi kita harus serius melakukan upaya-upaya untuk mempersiapkan SDM bidang wisata ini. Bila perlu buat pelatihan-pelatihan,” papar Fairuz.

Terkait dengan itu, Kepala SMK Kuala Baru, Baihaqi Ibrahim kepada aceHTrend mengatakan, sekolahnya sangat siap membuka jurusan parawisata ini.

Menurut Baihaqi pihaknya telah menyurati Dinas Pendidikan Aceh supaya memberikan izin pembukaan jurusan parawisata di SMK Kuala Baru.

Malah, katanya, ketika bertemu dengan Bupati Aceh Singkil Dulmusrid beberapa hari lalu, ia sempat membicarakan tentang ini, bupati sangat setuju dan mendukung pembukaan jurusan parawisata di SMK yang dipimpinnya.

“Saya yakin jurusan parawisata ini akan diminati putra-putri Aceh Singkil bahkan bisa menjadi jurusan favorit. Karena di jurusan nanti akan diajarkan empat program keahlian, yaitu perhotelan dan jasa pariwisata, program keahlian kuliner, tata kecantikan dan program keahlian tata busana,” pungkas Baihaqi mantan Ketua KNPI Aceh Singkil ini.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK