Di Kongres NasDem, DPW Aceh Akan Perjuangkan Otsus Aceh Permanen

Zaini Djalil @aceHTrend/Hendra Keumala

ACEHTREND.COM,Jakarta- Ketua DPW Aceh Partai NasDem H. Zaini Djalil, Kamis (7/11/2019) mengatakan salah satu point yang akan mereka perjuangkan di Kobgres Nasional Partai NasDem adalah alokasi Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) diberikan permanen oleh Pemerintah Pusat.

Dalam keterangannya kepada aceHTrend, Zaini Djalil mengatakan hal tersebut merupakan hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda)DPW Aceh Partai NasDem yang dihelat pada 28-29 September 2019 di Banda Aceh.

Melalui sambungan telepon seluler, Zaini Djalil mengatakan mempermanenkan alokasi Dana Otsus Aceh (DOA) akan mereka perjuangkan secara serius. Bila itu berhasil menjadi ketetapan Kongres Nasional NasDem, maka ke depan, hal tersebut menjadi tugas Fraksi NasDem untuk memperjuangkannya di DPR RI.

“Bila ini berhasil kami lakukan, dan bisa menjadi ketetapan di dalam Kongres NasDem, maka ke depan, perjuangan mempermanenkan DOKA bukan lagi pernyataan di surat kabar saja. Tapi menjadi salah satu yang harus diperjuangkan oleh Fraksi NasDem di DPR RI,” ujar Zaini Djalil.

Selain itu, di dalam Kongres 2019 NasDem Aceh juga akan meminta Fraksi NasDem di FPR RI untuk senantiasa mengingatkan Pemerintah RI dan DPR RI, setiap membuat aturan untuk Aceh, baik yang bersifat umum dan khusus, harus mempedomani kekhususan Aceh yang merupakan hasil kesepakatan bersama antara RI dan GAM di Helsinki pada 15 Agustus 2005.

“Intinya, setiap disusunnya aturan, harus menghormati kekhususan Aceh sesuai UU Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh dan juga MoU Helsinki,” ujar Zaini.

Pada kesempatan itu, sesuai hasil Rakerda NasDem Aceh, pihaknya memberikan dukungan kepada Surya Paloh untuk kembali menduduki kursi Ketua Umum NasDem untuk periode 2019-2024.

Selain itu ada beberapa point lainnya yang akan mereka perjuangkan. Seperti ke depan Partai NasDem harus memprioritaskan kadernya sendiri dalam pilkada.

Disinggung kehadiran Anies yang diagendakan akan ikut membuka kongres, Zaini mengatakan hal tersebut bukan suatu yang aneh. Karena Anies Baswedan adalah Gubernur DKI Jakarta, sekaligus orang dalam di ormas Nasional Demokrat (NasDem) sebelum Partai NasDem didirikan oleh Surya Paloh dkk.

Penyelenggaraan Kongres Nasional NasDem kali ini berbarengan dengan milad partai. Presiden RI Joko Widodo diagendakan akan hadir di sana sekaligus memberikan sambutan. []

KOMENTAR FACEBOOK