Hasil Kajian Tim Teknis, Jembatan Ulee Raket Ambruk karena Faktor Alam

Kondisi jembatan Ulee Raket yang ambruk pada 31 Oktober 2019 @aceHTrend/Sudirman Z

ACEHTREND.COM, Meulaboh – Kapala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Aceh Barat, Syamsul Rizal, mengatakan, ambruknya jembatan rangka baja atau yang dikenal sebagai jembatan Ulee Raket yang terjadi pada Kamis siang (31/10/2019) karena fenomena alam.

Pernyataan tersebut disampaikan Syamsul berdasarkan hasil laporan tim teknis yang keluar pada 5 November 2019.

Jembatan ini merupakan penghubung antara Kecamatan Kaway XVI dengan Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat.

Kata Syamsul, dalam laporan itu menyebutkan ambruknya jembatan Ulee Raket akibat gerusan banjir yang berefek pada pergeseran rangka baja, hingga ambruk secara keseluruhan.

“Hasil investigasi tim teknis Unsyiah menunjukkan bahwa kegagalan struktur jembatan Ulee Raket karena adanya pergeseran lanjutan disebabkan arus banjir hingga terjadi ambruk seluruhnya,” jelasnya kepada aceHTrend, Kamis (7/11/2019).

Syamsul Rizal mengaku, sebelumnya ia tak berani menyimpulkan sebab robohnya jembatan tersebut lantaran belum mendapat laporan resmi hasil investigasi tim teknis. Laporan tersebut kata Syamsul, akan menjadi pegangan baginya untuk merumuskan rencana ke depan melalui pemerintah daerah.

“Laporan ini menjadi salah satu pegangan kami termasuk untuk menyusun rencana tindak lanjut terkait pembangunan jembatan,” katanya.

Syamsul menambahkan, lebih lanjut pihaknya akan duduk dengan pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Aceh Barat H. Ramli MS untuk melakukan review design dan menghitung biaya pembongkaran jembatan yang ambruk tersebut dan membahas rancana pembangunan kembali dari awal.

“Untuk lokasi pembangunan jembatan baru, ini akan duduk kembali oleh pemerintah daerah,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK