Politeknik Negeri Lhokseumawe Gelar Seminar Internasional di Malaysia

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) akan menggelar seminar internasional yang bertajuk The 2nd International Conference on Science and Innovated Engineering, and Sciences (I-COSINE). Kegiatan bertaraf internasional itu akan diikuti oleh lima negara dan dilaksanakan di Melaka, Malaysia, pada 9-10 November 2019.

Ketua Panitia, Usman Ph.D melalui keterangan tertulis yang diterima aceHTrend, Jumat (8/11/2019) menyebutkan, kegiatan I-COSINE ini sudah menjadi agenda rutin Politeknik Negeri Lhokseumawe.

“Seminar internasional ini sudah menjadi agenda rutin kampus kami, tahun lalu kami laksanakan di Sabang, sedangkan tahun ini kami laksanakan di Melaka, Malaysia,” kata Doktor Teknik Mesin lulusan salah satu kampus di Taiwan ini.

Usman mengatakan pihaknya sudah siap untuk melaksanakan kegiatan tersebut, apalagi perhelatan kegiatan itu juga dibantu dari teman-teman panitia dari Malaysia.

“Mengenai tempat acara dan semua akomodasi peserta, sudah kami siapkan, jadi kita sudah siap menyambut peserta kegiatan tersebut,” ujarnya.

Usman menjelaskan ada 68 peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut, mereka semua berasal lima negara. Menghadirkan lima pemateri dari berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Mereka, yaitu Prof. Ir. Dr. Sulaiman Wadi Harun dari University of Malaya, Malaysia, Prof. Dr. Ir. Marwan dari Unversitas Syiah Kuala, Indonesia, dan Dr. Waleed S. Mohammed, dari Bangkok University, Thailand.

“Selanjutnya ada Prof. Dr. Ir. Kaharuddin dari University of Malaya, Malaysia dan Prof. Dr. Zahriladha, dari Universiti Teknikal Malaysia, Melaka, Malaysia,” papar Usman.

Lanjutnya, kegiatan seminar tersebut merupakan hal yang sangat penting bagi dosen, karena akan berguna untuk merangsang minat dalam bidang penelitian, khususnya dari kalangan akademisi.

Untuk itu kegiatan serupa akan terus dilaksanakan oleh PNL, untuk tahun depan akan dilaksanakan di Indonesia.

“Insya Allah tahun depan kami merencanakan akan menggelar I-COSINE di Indonesia, tapi kotanya belum kami sepakati,” pungkasnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK