Pemko Banda Aceh Buka 195 Formasi CPNS, 3 untuk Disabilitas

Tes CPNS di lingkungan Kanwil Kemenkumham Aceh, beberapa waktu lalu. (Serambi Indonesia)

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Hari ini pemerintah resmi membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil melalui sscn.bkn.go.id, Senin (11/11/2019). Untuk memenuhi kuota PNS di Kota Banda Aceh, Pemko Banda Aceh telah melakukan persiapan jauh-jauh hari yakni dengan membuka 195 formasi CPNS. Dari jumlah tersebut, tiga di antaranya dibuka khusus untuk disabilitas.

Adapun formasi terbanyak dibuka untuk tenaga kependidikan tersedia 112 formasi, diikuti tenaga kesehatan 60 formasi, dan tenaga teknis 23 formasi. Sesuai pengumuman Wali Kota Nomor 1 Tahun 2019 tentang Pengadaan CPNS di lingkungan Pemko Banda Aceh. Surat tersebut ditandatangani Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman pada 9 November 2019.

Penerimaan CPNS di lingkungan Pemko Banda Aceh terbuka untuk seluruh penduduk Indonesia. Bagi peserta yang ber-KTP Banda Aceh IPK-nya minimal 2,70. Sedangkan untuk warga yang ber-KTP di luar Banda Aceh harus memiliki IPK minimal 3,00.

Kabag Humas Setdakota Banda Aceh, Taufiq Alamsyah mengatakan untuk mekanisme tes dan lainnya, masih sama dengan pendaftaran CPNS pada tahun lalu. Ujian juga dilakukan dengan sistem CAT.

“Dengan pengumuman yang telah dikeluarkan ini, bagi mereka yang ingin mengikuti seleksi sudah bisa mempersiapkan diri dari sekarang,” kata Taufiq Alamsyah.

Bagi pelamar yang ingin mendaftar, persyaratan lengkap dapat dilihat di portal berita resmi Pemko Banda Aceh, www.bandaacehkota.go.id yang telah menayangkan dokumen persyaratan lengkap.

Dari jadwal resmi yang telah dikeluarkan BKN, tahapan penerimaan CPNS 2019 akan berlangsung hingga April 2020. Pemerintah Pusat mengalokasikan 197.111 formasi yang terbagi di instansi pusat dan daerah. 

“Setelah pembukaan registrasi secara daring (online) pada November 2019, selanjutnya pada Desember 2019 dijadwalkan pengumuman hasil seleksi administrasi,” kata Taufik.

Proses rekrutmen CPNS 2019 akan berjalan lintas tahun atau sampai tahun depan. Pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilaksanakan pada Januari 2020. Pelaksanaan SKD dijadwalkan berlangsung Februari 2020. Hasil SKD rencananya akan diumumkan pada Maret 2020 diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Integrasi kedua hasil seleksi dijadwalkan akan berlangsung pada April 2020. 

Selengkapnya, berikut jadwal CPNS 2019 yang dikeluarkan BKN Republik Indonesia:

Oktober 2019: Penetapan formasi dan pengumuman pendaftaran 
November 2019: Pengumuman pendaftaran dan pembukaan pendaftaran 
Desember 2019: Pengumuman hasil seleksi administrasi 
Januari 2020: Masa sanggah dan pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) 
Februari 2020: Pelaksanaan SKD 
Maret 2020: Pengumuman hasil SKD dan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
April 2020: Integrasi nilai SKD dan SKB

Sebelumnya, BKN juga sudah menyebutkan 4 besar formasi pada CPNS 2019.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK