Mualem akan Kumpulkan Pengusaha CPO di Aceh Utara

Mualem (kemeja biru) di Kompleks Pelabuhan Krueng Geukuh, Senin, 11 November 2019 @aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh yang diketuai Muzakir Manaf atau Mualem akan segera melakukan pertemuan dengan para pengusaha minyak kepala sawit (CPO) di Aceh. Pertemuan itu nantinya untuk menghimpun CPO yang ada di Aceh agar bisa diekspor ke luar negeri melalui Pelabuhan Krueng Geukuh, Aceh Utara.

Hal itu disampaikan oleh Mualem kepada awak media di kompleks pelabuhan usai peresmian Bulking Terminal Facility Pusat Logistik Berikat (PLB) PT Aceh Makmur Bersama.

“Dalam waktu dekat kita akan mengumpulkan para pengusaha CPO di Aceh Utara, supaya tidak lagi melakukan ekspor melalui Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, tapi dilakukan lewat Pelabuhan Krueng Geukuh, melalui PT Aceh Makmur Bersama (AMB),” kata Mualem, Senin (11/11/2019).

Baca juga: Pengusaha Ekspor CPO ke India Melalui Pelabuhan Krueng Geukuh

Mualem menjelaskan ekspor CPO menguntungkan kedua belah pihak antara Aceh dan India, diharapkan ekspor ini bisa berjalan secara terus-menerus. Ia juga mengatakan, produk unggulan di Aceh sangat banyak dan bila proses ekspor dari Aceh ini berhasil, pihaknya akan mengusulkan ke DPR Aceh untuk dibuat qanun agar produk CPO dan lainnya tidak lagi diekspor melalui Sumatera Utara.

Kerja sama antara Aceh dan India kata Mualem sudah digagas sejak dua tahun. Ia berharap ada komoditas lain yang bisa dikerjasamakan nantinya.

“Dengan adanya ekspor komoditas lainnya melalui pelabuhan Krueng Geukuh, kita berharap Aceh Utara terus berkembang. Namun itu semua perlu dukungan dari masyarakat setempat,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK