Pertanian Salah Satu Sektor Prioritas Pembangunan di Abdya

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT mengatakan, petani sebagai pelaku utama dalam pembangunan pertanian memiliki banyak peran strategis dalam keberhasilan pembangunan sektor pertanian.

Oleh karena itu perlu dilakukan berbagai usaha untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan petani, dalam melakukan usaha tani yang lebih baik dan menguntungkan sehingga dapat meningkatkan taraf hidup petani dan keluarganya.

Hal itu diungkapkan Muslizar saat membuka kegiatan lomba asah terampil petani andalan tingkat Kabupaten Abdya tahun 2019, di halaman Kantor Dinas Pertanian dan Pangan Abdya, Selasa (12/11/2019).

Muslizar mengatakan, lomba asah terampil petani yang dulunya populer dengan sebutan Kelompencapir (kelompok pendengar, pembaca dan pirsawan) adalah sebagai ajang kompetisi antarpetani, guna mendapatkan sumber daya manusia (SDM) pertanian yang andal dalam berusaha tani.

Selain itu, tambahnya, lomba asah terampil merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan petani dalam melaksanakan usaha tani, baik di sektor tanaman pangan hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, dan pengetahuan umum lainnya di bidang pertanian.

Melalui lomba asah terampil petani  diharapkan adanya peningkatan kualitas SDM pertanian dan penguatan kelembagaan petani.

“Kabupaten Abdya ini merupakan kabupaten agraris yang sebagian besar wilayahnya adalah pertanian dan sebagian besar mata pencaharian penduduknya adalah petani, sehingga sektor pertanian ini merupakan salah satu prioritas pembangunan kabupaten,” ujarnya.

Ia menerangkan, momen penting dalam lomba ini adalah sebagai media pengembangan diri, menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, mengasah keterampilan dan menggali potensi diri bagi para petani yang tujuan akhirnya untuk mendapatkan petani yang handal dan berdaya saing.

“Kami berharap nantinya yang menjadi juara 1 pada lomba ini menjadi perwakilan Abdya untuk mengikuti lomba asah terampil petani Aceh di Banda Aceh yang berlangsung pada 14 s/d 15 November 2019. Dan selamat bertanding semoga membawa kelompok tani Abdya menjadi smart farming atau petani yang cerdas,” pungkas Muslizar.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK