Tiga Destinasi Wisata Populer di Aceh Singkil

Langit jingga saat matahari terbenam di Danau Bungara @ist

ACEHTREND.COM, Singkil – Berbicara tentang destinasi wisata yang ada di Aceh Singkil, pasti yang terbayang dalam pikiranmu ialah hamparan laut indah yang berada di Pulau Banyak. Tempat ini memang menjadi idola penikmat wisata karena selain pantainya yang indah, terdapat ketenangan alam yang membuatmu betah berlama-lama di pulau ini. Tidak heran, beberapa warga asing menghabiskan waktu sampai berbulan-bulan menikmati keindahan Pulau Banyak yang ada di Singkil.

Sebenarnya banyak destinasi wisata yang bisa dinikmati di Aceh Singkil. Baik itu wisata alam, seperti pegunungan, sungai, danau, maupun wisata bahari seperti pantai yang ada di beberapa pulau di Aceh Singkil.

Menurut Sekretaris Pegiat Wisata Danau Bungara, Wanhar Lingga, ada tiga destinasi wisata populer yang kini banyak dikunjungi wisatawan di Aceh Singkil. Berikut penjelasannya yang disampaikan kepada aceHTrend, Senin (11/11/2019).

Destinasi pertama yang populer saat ini ialah Pulau Banyak. Jarak tempuh dari Kota Singkil sekitar empat jam menggunakan kapal fery. Di tempat ini terdapat fasilitas penginapan dan berbagai perlengkapan alat selam yang disewakan oleh warga sekitar. Kamu juga bisa menyewa kapal nelayan untuk mengunjungi beberapa pulau lainnya yang ada di sana seperti Pulau Panjang dan Pulau Palambak.

Destinasi berikutnya ialah Hutan Suaka Margasatwa Rawa Singkil. Jarak dari Kota Singkil ke lokasi ini sekitar 6 km menggunakan perahu untuk menyeberangi sungai menuju Rawa Singkil. Suaka Margasatwa Rawa Singkil merupakan hutan rawa gambut di Aceh yang termasuk dalam Kawasan Ekosistem Leuser.

Di sini kamu bisa melihat berbagai macam satwa langka yang dilindungi seperti orangutan Sumatera, burung rangkong, dan satwa lainnya. Tempat ini cocok bagi kamu yang tertarik dengan alam dan yang mempunyai jiwa petualang yang tinggi.

Sepeda dayang hasil rakitan warga sekitar @ist

Selanjutnya ada Danau Bungara yang merupakan danau terluas kedua di Aceh setelah Danau Lut Tawar. Jarak tempuh dari pusat Kota Singkil ke tempat ini sekitar 55 km. Tempatnya berada di Kota Baharu, Aceh Singkil.

Danau Bungara memiliki luas sekitar 85,6 hektare (ha) yang dikelilingi oleh empat kampung. Di sebelah timur berbatasan dengan Kampung Butar, di sebelah barat dengan Kampung Lentong, sebelah utara dengan Kampung Danau Bungara, dan di sebelah selatan berbatasan dengan Kampung Lapahan Buaya.

Wisata Danau Bungara dikelola oleh warga kampung sekitar. “Di sini para pengunjung bisa berkeliling danau dengan perahu yang dirakit sendiri oleh warga setempat untuk wisatawan yang ingin berkeliling danau. Namanya bungki pelempoh leja (bahasa Singkil), artinya perahu pelepas lelah/penat,” ujar Wanhar yang merupakan Ketua BUMdes Danau Bungara.

Untuk satu orang dikenai biaya Rp10.000 dan satu perahu bisa muat oleh 12 orang. Selain itu, juga terdapat sepeda dayung dengan tarif sewa Rp10.000.

Pada sore hari, Danau Bungara menjadi spot menarik untuk melihat sunset. Namun, sayangnya belum ada fasilitas penginapan atau cottage bagi wisatawan yang ingin bermalam di sini.

Itulah tiga destinasi wisata populer yang ada di Aceh Singkil. Meskipun tempat wisata ini sudah disediakan oleh alam dengan sangat indah, tapi diperlukan sentuhan pemerintah untuk melengkapi fasilitas dan akses yang mudah untuk dijangkau pengunjung.

Wanhar yang merupakan pelaku wisata Aceh Singkil berharap agar kedepan pengelolaan wisata Aceh Singkil harus serius, terutama infrastruktur jalan menuju lokasi wisata dan fasilitas pendukung wisata harus tersedia.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK