BFLF Abdya Bentuk 456 Relawan Donor Darah Gampong

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Blood For Life Foundation (BFLF) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) membentuk sekaligus memberikan sosialisasi kepada 456 Relawan Donor Darah Gampong (RD2G) untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pendonor bagi pasien yang membutuhkan darah.

Dalam sosialisasi tersebut ikut hadir Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT, Kasdim 0110/Abdya, perwakilan Polres Abdya, para kepala SKPK, para camat, ketua BLF Aceh Selatan, Ketua PMI Abdya, dan tamu undangan lainnya.

Acara itu berlangsung di Aula Kantor Bappeda Abdya, di Kompleks Perkantoran Bukit Hijau, Gampong Keude Paya, Kecamatan Blangpidie, Abdya, Selasa (12/11/2019).

Ketua BFLF Abdya, Nasruddin menyampaikan, sosialisasi tersebut berlangsung selama tiga hari pada Selasa-Kamis (12-14/11/2019).

“Jumlah peserta keseluruhan sebanyak 456 orang yang kita ambil tiga orang per gampong yang ada di Abdya. Jadi, agar kegiatan sosialiasi ini lebih efektif, maka kita laksanakan selama tiga hari, yang dimulai dari Kecamatan Susoh dan Blangpidie di hari pertama, Kecamatan Setia, Tangan-Tangan, Manggeng, dan Lembah Sabil di hari kedua, kemudian Kecamatan Jeumpa, Kuala Batee, dan Babahrot di hari ketiga,” jelas Nasruddin.

Ia mengharapkan, dengan adanya relawan donor darah gampong, di tahun 2020 mendatang, Abdya memiliki database pendonor di setiap gampong yang ada di Kabupaten Abdya. Dengan adanya database tersebut dapat memudahkan keluarga pasien saat membutuhkan darah.

“Misalnya ada pasien yang membutuhkan darah, maka kita kembalikan ke gampong, memeriksa database,  jika di gampong itu tidak ada pendonor atau tidak ada golongan darah yang sama, maka baru kemudian kita cari ke gampong lain atau kembali mencari pendonor melalui media sosial,” ujar Nasruddin.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK