Siswa Sukma Bangsa Pidie Memaknai Hari Pahlawan Melalui Kesenian

ACEHTREND.COM, Sigli – Sekolah Sukma Bangsa Pidie memperingati hari Pahlawan melalui agenda tahunan yang dikoordinasikan langsung oleh OSIS Sukma Bangsa Pidie 2018-2019 Kabinet Revolusi pada Selasa (12/11/2019). Agenda tahunan ini juga merupakan program OSIS Divisi Kesenian yaitu Pementasan Seni (Pensi) dengan tema Love Yourself by Showing Your Talents to the World.

Agenda ini merupakan cara siswa-siswi Sekolah Sukma Bangsa Pidie dalam memaknai peristiwa bersejarah yaitu pertempuran 10 November 1945 atau kerap dikenal sebagai hari Pahlawan. Tujuan dari diselenggarakannya agenda Pensi yaitu sebagai wujud kecintaan siswa-siswi Sekolah Sukma Bangsa Pidie kepada para pahlawan dan tanah air, dengan menunjukkan bakat serta potensi dalam pribadi masing-masing.

“Agenda Pensi merupakan wadah bagi para siswa dalam mengasah talentanya, hal ini dikarenakan Hari Pahlawan tidak selamanya mesti dimaknai sebagai peperangan bersenjata atau sejenisnya. Akan tetapi, seiring perkembangan zaman, harapannya kita semua bisa menjadi pahlawan, sederhananya menjadi pahlawan bagi diri kita dengan terus mengasah talenta. Sehingga kita dapat berkontribusi penuh bagi bangsa dan negara seperti halnya yang dilakukan oleh pahlawan. Demikianlah yang dilakukan oleh siswa Sukma Bangsa Pidie,” ujar Izzatul Ummi, salah satu Pembina OSIS Sukma Bangsa Pidie.

Setiap penampilan yang dipersembahkan oleh para siswa Sekolah Sukma Bangsa Pidie memiliki banyak pesan yang ditujukan kepada seluruh pemuda Indonesia dalam membangun negeri menjadi lebih baik. Sebagaimana yang dikatakan oleh Nursyahida, Ketua Divisi Kesenian OSIS Sukma Bangsa Pidie.

“Para siswa Sekolah Sukma Bangsa Pidie telah menampilkan berbagai persembahan seni yang sangat menarik. Ragam persembahan yang ditampilkan menceritakan tentang perjuangan pemuda dalam memanfaatkan potensinya untuk terus melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu.”

Aulia Saiful Hadi, Ketua OSIS Sukma Bangsa Pidie 2018-2019 juga berharap bahwa agenda Pensi dapat menjadi objek pembelajaran bagi seluruh siswa Sekolah Sukma Bangsa Pidie dalam meningkatkan berbagai keahlian, baik dalam inteligensi sosial maupun kepedulian terhadap budaya dan sejarah.

Tidak hanya para siswa-siswi saja yang memperingati peristiwa bersejarah ini, tetapi para dewan guru Sekolah Sukma Bangsa Pidie juga ikut serta dalam memeriahkan agenda Pensi. Penyerahan jabatan dari OSIS Sukma Bangsa Pidie 2018-2019 Kabinet Revolusi kepada OSIS Sukma Bangsa Pidie 2019-2020 juga dilakukan bersamaan dengan memperingati hari Pahlawan. Hal ini dikarenakan hari Pahlawan merupakan kejadian penting dalam kebangkitan para pemimpin dari kalangan pemuda.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK