BMKG Goes To School, Kenalkan Penyelamatan Dini di MAN Model

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stadion Geofisika Mata Ie melakukan sosialisasi kebencanaan dengan program BMKG Goes To School  di MAN Model Banda Aceh. Program ini memperkenalkan penyelamatan dini dari bencana gempa bumi dan mitigasi bencana kepada pelajar.

Kepala UPT BMKG Stadion Geofisika Mata Ie Banda Aceh, Djati Cipto Kuncoro menyampaikan, BMKG Goes To School melakukan sosialisasikan informasi tentang gempa bumi, cuaca, di samping BMKG juga memberikan pemberitahuan kepada siswa tentang sekolah kedinasan BMKG.

“Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan informasi terkait kebencanaan kepada siswa, bagaimana yang harus dilakukan saat sebelum terjadi gempa bumi dan setelah terjadi gempa bumi,” kata Djati Cipto Kuncoro, Rabu (13/11/2019).

Djati Cipto Kuncoro menjelaskan, sampai saat ini belum ada yang dapat memprediksi kapan gempa bumi itu akan terjadi, oleh karena itu sangat penting untuk dilakukan sosialisasi dan memperkenalkan sejak dini kepada siswa tentang gempa itu sendiri.

“Selain itu kami juga melakukan simulasi kecil di lapangan sekolah, nantinya ada alarm yang menandakan itu terjadi gempa bumi, dan kemudian para siswa yang sedang belajar mereka harus melakukan mitigasi sederhana dengan masuk ke bawah meja,” katanya.

Pada kesempatan itu Djati Cipto Kuncoro juga menyampaikan, berdasarkan catatan BMKG sepanjang tahun 2019 aktivitas gempa di Aceh, sejak dari Januari 2019 sampai sekarang tercatat 200 kali gempa bumi tektonik tercatat di wilayah Aceh. Namun demikian bukan berarti 200 kali gempa bumi itu dirasakan semua getarannya. Ada gempa gempa bumi yang hanya bisa dirasa oleh alat saja.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK