LSM Akan Galang Dana untuk “Bantu” Kadin Aceh

ACEHTREND.COM,Banda Aceh- Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang dimotori oleh Koalisi NGO HAM Aceh, rencananya akan menggelar penggalangan dana publik di jalan raya. Hal ini mereka lakukan untuk memenuhi “kebutuhan dana” untuk Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh yang dipimpin oleh pengusaha Makmur Budiman.

Direktur Eksekutif Koalisi NGO HAM Zulfikar Muhammad, Kamis (14/11/2019) mengatakan aksi sosial yang mereka akan lakukan, sebagai bentuk protes terhadap Pemerintah Aceh karena telah mengalokasikan dana senilai 2,7 miliar lebih melalui APBA-P 2019 untuk lembaga Kadin Aceh.

“Penempatan nama sebanyak itu di Kadin Aceh merupakan hal yang tidak wajar. Bahkan tidak bermoral. Memalukan. Pola pembajakan dana rakyat secara tidak manusiawi,” ujar Zulfikar.

Adapun aksi penggalangan dana akan dibahas pada rapat terbatas di Banda Aceh. “Ini hanya aksi sosial saja untuk menegur Pemerintah Aceh yang menurut kami sudah di luar rel,” ujarnya lagi.

Sebelumnya, publik Aceh dikejutkan dengan beredarnya screenshoot tentang sejumlah item bantuan yang senilai nyaris tiga miliar Rupiah yang bersumber dari APBA-P 2019, yang diperuntukkan untuk Kadin Aceh. Sejumlah pihak merasa alokasi anggaran APBA untuk Kadin Aceh dengan angka yang fantastis tidaklah wajar dan menciderai asas keadilan dan kepatutan.

Para pihak seperti Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) dan Masyarakat Pengawal Otsus (MPO) sama-sama menolak pemberian dana oleh Pemerintah Aceh kepada Kadin Aceh. Menurut mereka Kadin yang merupakan organisasi tempat berkumpulnya para pelaku usaha di Aceh, tidak pantas untuk mendapatkan dana yang sangat besar, apapun alasannya.

Sementara itu Wakil Ketua Kadin Aceh Muhammad Iqbal, Rabu (13/11/2019) mengatakan dana sebesar lebih dari dua miliar Rupiah itu, diberikan kepada Kadin Aceh dalam rangka penguatan kelembagaan Kadin dan penguatan UMKM di Aceh. Secara hukum pun, pihaknya dibenarkan mendapatkan kucuran APBA. []

KOMENTAR FACEBOOK