Gampong Jeulingke Banda Aceh Gelar MTQ Ke-2

Sambutan Keuchik Gampong Jeulingke Murdani SH

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Menyambut Maulid Nabi Muhammad saw tahun 2019 ,Gampong Jeulingke, Kecamatan Syiah Kuala, kembali menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang dipusatkan di Meunasah Gampong Jeulingke, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Jumat malam (15/11/2019).

Pada pembukaan MTQ ke-2 ini, Khairul Umam, selaku Juara Harapan 1 FASI Tingkat Nasional Tahun 2019 di Makassar melantunkan bacaan Alquran. Masyarakat pun larut dalam kekhidmatan agenda rutin gampong itu.

Ketua Pantia Moch. Syauki SE MM dalam laporannya menyampaikan, MTQ ke-2 dilaksanakan dengan jumlah peserta 211 qari/ah yang berasal dari Dusun Rajawali, Dusun Rawa Bakti, Dusun Jeulingke Indah, Dusun Lampoh Raya, Dusun Ujong Krueng, dan Dusun Rawa Sakti. Enam cabang perlombaan yang diperebutkan, yaitu tilawah putra dan putri, tartil putra dan putri, azan putra, hafalan surat pendek putra dan putri, shalat berjamaah, dan fahmil Al-Quran.

“Tahun lalu, pada MTQ pertama diselenggarakan, Jurong Lampoh Raya berhasil menjadi juara umum, semoga ke depannya dusun-dusun yang lain dapat menoreh prestasi yang sama,” ujar Syauki yang juga Sekdes Gampong Jeulingke.

Keuchik Gampong Jeulingke Murdani SH mengatakan, kegiatan MTQ ini bertujuan untuk mencari kader pembaca Alquran.

“MTQ ke-2 dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan kader pembaca Alquran,” ucap Murdani yang merupakan pensiunan Polri, berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi.

Murdhani berharap kegiatan MTQ ini akan mendorong prestasi di tingkat kecamatan, kota, hingga provinsi.

Camat Syiah Kuala Aulia R. Dahlan dalam sambutannya memuji MTQ ke-2 yang dilaksanakan Gampong Jeulingke,

“Apresiasi kami kepada Keuchik Gampong Jeulingke yang telah menyelenggarakan MTQ kedua ini,” kata Aulia R. Dahlan.

Aulia mengatakan, kegiatan MTQ ini menjadi tempat yang akan melahirkan qari dan qariah berprestasi. “MTQ ini diharapkan dapat memberi kontribusi dalam melahirkan qari dan qariah yang nanti mampu mengharumkan prestasi untuk Kota Banda Aceh, apalagi kegiatan seperti ini sejalan dengan semangat Kota Gemilang dalam bingkai syariat,” ujar Aulia R. Dahlan.

Selanjutnya Aulia menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQ merupakan ajang pencarian qari dan qariah. Selain itu, menjadi arena mengasah bakat dan kemampuan agar semakin peserta semakin terbina. Ia juga berharap MTQ mampu menjadikan pemuda sebagai generasi qurani, juga sebagai benteng bagi gampong dari pengaruh hal-hal yang buruk seperti narkoba.

MTQ ke-2 Gampong Jeulingke turut dihadiri oleh unsur muspika, perwakilan Polsek Syiah Kuala, perwakilan Koramil Syiah Kuala, Tuha Peut, dan Ule Jurong.[]

Editor : Ihan Nurdin