Geulanggang Batee Pelopor Desa Bebas Sampah di Abdya

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Gampong Geulanggang Bate, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terpilih sebagai gampong pelopor bebas sampah di Kabupaten Abdya. Pemilihan itu dilakukan langsung oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim-LH) Abdya.

Selain itu, gampong tersebut juga diberikan tong sampah sebanyak 30 buah. Terdiri atas 15 tong sampah jenis biasa dan 15 tong sampah jenis terpilah, serta 35 lembar rompi relawan pelopor sampah gampong yang diberikan langsung oleh Kepala Dinas Perkim-LH Abdya, Armayadi.

“Benar, kita terpilih sebagai gampong bebas sampah dan pilot proyek yang diberikan oleh Dinas Perkim-LH Provisi Aceh dan Dinas Perkim-LH Abdya,” ungkap Geucik Geulanggang Bate, Ismail, kepada aceHTrend, Jumat (15/12/2019).

Ia menjelaskan, kegiatan yang akan dilaksanakan ke depan yaitu upaya menggiatkan gampong-gampong di Abdya supaya bisa menuntaskan permasalahan sampah yang semakin meresahkan masyarakat.

“Permasalahan sampah adalah permasalahan yang sangat besar, bahkan di Indonesia saat ini berada di peringkat kedua dengan penghasil sampah terbesar di dunia,” ujarnya.

Dirinya berkomitmen akan mewujudkan gampong Geulanggang Bate khususnya dan Abdya umumnya terbebas dari sampah.

“Dengan adanya tong sampah yang disalurkan oleh Perkim-LH Aceh, kita akan terus menunjang kawasan gampong kita ini sebagai kawasan yang nyaman buat anak-anak serta selalu bersih, dengan tujuan agar penilaian kegiatan lomba kawasan Rumah Pangan Lestari sebagai hatinya PKK Abdya akan dilombakan di tingkat provinsi,” paparnya.

Di samping itu, ia juga akan terus berupaya memanfaatkan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020 untuk menjajaki bank sampah dan pengadaan gerobak sampah sebagai media relawan yang bergerak sebagai pelopor bebas sampah.

“Kesadaran masyarakat nantinya akan dipandu oleh relawan pelopor sampah gampong yang berjumlah sebanyak 20 orang terdiri atas pengurus PKK dan ibu-ibu rumah tangga, serta aparatur gampong. Sebab sampah adalah tanggung jawab kita semua, maka dari itu kita akan terus sosialisasikan kepada masyarakat gampong kita agar selalu menjaga kebersihan lingkungan,” pungkas Ismail.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK