Ombudsman Bentuk Tim Khusus Awasi Seleksi CPNS

Pengurusan SKCK di Polresta Banda Aceh @dok Ombudsman Aceh

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Ombudsman RI Perwakilan Aceh membentuk tim khusus untuk mengawasi proses pelayanan administrasi seleksi CPNS 2019 yang saat ini sedang berlangsung.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Dr Taqwaddin Husin mengatakan, tim khusus ini akan mengawasi proses pelayanan administrasi bagi calon pelamar CPNS seperti dalam pengurusan SKCK, KTP, dan surat keterangan kesehatan yang harus dipenuhi peserta.

Ombudsman akan membuka Posko Pengaduan Khusus yang nantinya langsung berada di lokasi pelayanan, seperti di Kepolisian, Disdukcapil, maupun Rumah Sakit Jiwa. Karena tempat pelayanan ini merupakan tujuan utama para peserta yang akan mengikuti tes CPNS.

Taqwaddin berharap, petugas pemberi layanan dapat melayani para peserta tes CPNS dengan baik tanpa permintaan uang imbalan di luar ketentuan dan tidak diskriminatif yaitu sesuai dengan antrean yang telah diberlakukan.

“Kami mengingatkan kepada petugas yang memberikan pelayanan kepada masyarakat yang sedang mengurus berbagai persyaratan administrasi untuk CPNS, agar memberikan pelayanan yang baik sesuai aturan yang berlaku. Jangan ada permintaan uang di luar ketentuan dan mengutamakan antrean secara tertib,” ujarnya kepada aceHTrend melalui keterangan tertulis, Jumat (15/11/2019).

Selain pengawasan pada beberapa instansi yang memberikan pelayanan untuk pengurusan persyaratan administrasi, mereka juga akan melakukan pengawasan menyeluruh pada semua proses ujian seleksi CPNS.

“Kami akan membuka Posko Pengaduan, supervisi dan melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap pelaksana seleksi CPNS. Hal ini kami lakukan sesuai dengan perintah dari Surat Edaran Ketua Ombudsman RI No 32 Tahun 2019 tentang Pengawasan Ombudsman RI dalam Penerimaan Seleksi CPNS Tahun 2019,” ungkap Dr Taqwaddin.

Sementara itu, Kepala Keasistenan Bidang Penyelesaian Laporan Ombudsman RI Perwakilan Aceh, Ayu Parmawati Putr menambahkan, berdasarkan amatan Tim Ombudaman RI Perwakilan Aceh di Polresta Banda Aceh, antrean di lokasi sangat tertib dan tidak ada petugas yang melakukan pungutan liar. Karena sudah terpampang dengan jelas dasar hukum dan jumlah tarif yang harus dibayarkan.

“Berdasarkan amatan di lokasi dan wawancara kita kepada peserta, saat ini tidak ada petugas dari kepolisian yang meminta tarif di atas ketentuan dan tidak ada calo yang bermain,” kata Ayu.

Ayu mengutip keterangan salah seorang calon peserta seleksi CPNS yang mengurus SKCK di Polresta Banda Aceh, bahwasanya tidak ada calo dan proses pengurusannya juga sesuai prosedur yang berlaku.[]

KOMENTAR FACEBOOK