682 Lulusan UTU Diwisuda

Lulusan UTU yang diwisuda pada Sabtu, 16 November 2019. @aceHTrend/Sudirman Z

ACEHTREND.COM, Meulaboh – Sebanyak 682 mahasiswa lulusan Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat dari berbagai fakultas mengikuti prosesi wisuda yang digelar di halaman kampus yang berlokasi Alue Penyereng, Sabtu (16/11/2019).

Rektor UTU, Prof. Jasman J. Ma’ruf mengharapkan lulusan baru tersebut memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan usaha sendiri sesuai dengan keilmuannya masing-masing, bukan semata-mata untuk menjadi PNS.

“Yang kita harapkan mereka itu bisa membuka usaha-usaha baru. Usaha yang tidak ada menjadi ada. Sesuai bidangnya masing-masing. Kita selalu tekankan bahwa menjadi PNS bukan satu-satunya jalan membuat orang sukses. Jadi, yang kita siapkan hari ini adalah generasi-generasi yang siap berkembang dalam dunia usaha. Jika pun ada yang ingin menjadi PNS silakan saja, mungkin sudah minatnya di situ,” kata Jasman.

Jasman mengatakan, setelah UTU menjadi kampus negeri, pihaknya telah berusaha meningkatkan tata kelola perguruan tinggi tersebut menjadi lebih baik dan membanggakan masyarakat barat selatan, seperti terkait kualitas sumber daya manusia, dosen, fasilitas kampus, biaya siswa untuk mahasiswa kurang mampu, ermasuk membuka program studi baru yang diinginkan sesuai perkembangan zaman.

“Kalau untuk program studi, kita sudah ada sekarang Ilmu Hukum, Ilmu Manajemen, Ilmu Akuntasi, Akuakultur, Teknologi Hasil Pertanian, dan Ilmu Kelautan. Dalam waktu dekat juga kita akan membuka lagi Teknologi Informatika merupakan ilmu sangat penting untuk masa depan,” katanya.

Jasman menambahkan, momentum wisuda kali ini, pihaknya juga merangkai dengan berbagai kegiatan untuk merangsang semangat dan wawasan mahasiswa. Kegiatan tersebut meliputi seminar kewirausahaan, ekspo hasil karya mahasiswa. Termasuk karya-karya menarik lain yang sengaja dihadirkan untuk merangsang semangat kewirausahaan dan mengasah keahlian mahasiswa agar mampu bersaing dengan daerah lain secara nasional.

“Ekspo hasil karya mahasiswa UTU. Ada juga kita undang produk-produk dari Malaysia dan Aceh Tengah. Itu supaya mahasiswa lebih tertantang ke depan supaya mampu mengembangkan di daerahnya sesuai keahlian masing-masing,” katanya.

Mereka yang diwisuda diketahui merupakan lulusan Strata I meliputi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) sebanyak 140 lulusan, Teknik Mesin 23 orang, Teknik Sipil 25 orang, Teknik Industri 7 orang, Agribisnis 81 orang, Agroteknolosi 43 orang, dan Fakulas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) 35 orang.

Selanjutnya dari Fakultas Ekonomi 117 orang, Administrasi Negara 115 orang, Sosiologi 48 orang, dan Ilmu Komunikasi 48 orang. Dari 682 lulusan tersebut tercatat laki-laki sebanyak 243 orang dan perempuan 439 orang. Selain itu juga tercatat yang memperoleh nilai cumlaude sebanyak 160 lulusan yang terdiri atas laki-laki 29 lulusan dan perempuan 131 lulusan.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK