Mahasiswa Mesin Se-Aceh Gelar Baksos Di Sikundo


ACEHTREND.COM, Meulaboh – Himpunan Mahasiswa Mesin Fakultas Teknik (HMM-FT) Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Aceh Barat melepas sebanyak 70 perwakilan mahasiswa teknik mesin untuk mengikuti kegiatan bakti sosial (baksos) atau saweu gampoeng ke pedalaman Aceh Barat.

Saweu gampong ini direncanakan berlangsung lima hari, mulai 18-22 November 2019 di Gampong Sikundo, Kecamatan Pantee Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka membangun sinergisitas forum mahasiswa mesin dengan masyarakat untuk memperkenalkan teknologi tepat guna sebagai upaya meningkatkan kemandirian desa.

Ketua Forum Mahasiswa Teknik Mesin UTU, T. Agus Romansa menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan gagasan bersama Forum Mahasiswa Mesin se-Aceh. Dalam hal ini, yang menjadi tuan rumah adalah Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Teuku Umar.

“Kegiatan ini diikuti perwakilan mahasiswa seluruh Aceh, hususnya Program Studi Teknik Mesin. Bentuk kegiatannya bakti sosial, pendidikan rumah baca, belajar kreatif dan implementasi teknologi tepat guna. Tujuannya untuk meningkatkan kemandirian desa,” jelasnya.

Peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut sudah dibekali sejumlah keilmuan khusus terutama dalam bidang teknik mesin. Mahasiswa nantinya akan menginap di desa untuk berbagi dengan masyarakat terkait teknologi tepat guna.  

Agus berharap, mahasiswa yang diutus dalam kegiatan ini memberi bermanfaat bagi masyarakat pedalaman sehingga mengharumkan almamater khususnya Prodi Teknik Mesin seluruh Aceh.
Pembukaan sekaligus pelepasan peserta yang berlangsung di halaman kampus UTU dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Aceh Barat, Wakorem 112 Teuku Umar, Wakil Rektor II Dr. Ir. Ishak Hasan, dan Dekan Fakultas Teknik UTU Dr. Ir. M. Isya, MT dan sejumlah akademisi kampus setempat.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK