Putra Aceh Dianugerahi Marga Lim dari Tionghoa Indonesia

ACEHTREND.COM,Semarang- Putra Aceh yang juga tokoh kesetaraan Indonesia, Teungku Azmi Abubakar Bintang, mendapatkan anugerah marga Lim Se Ming, Sabtu (16/11/2019). Penganugerahan ini diberikan oleh Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) di Semarang.

Dalam laman Facebook-nya, Azmi Abubakar mengatakan, acara penganugeraan itu dihadiri sekitar 700 orang pimpinan dan pengurus PSMTI seluruh Indonesia yang diprediksi lebih dari 300 cabang.

“Azmi resmi diterima sebagai suku Tionghoa dengan marga Lim, lengkapnya Lim Se Ming. Satu kehormatan dan kemuliaan dapat menjadi bagian dari keluarga besar orang-orang Tionghoa,” tulis Azmi di laman media sosialnya.

Menurut Azmi yang merupakan pendiri dan pengelola Museum Peranakan Tionghoa Indonesia, kontribusi orang-orang Tionghoa dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia tak terbantahkan. Bahkan merupakan tradisi yang sampai saat ini masih terus diwarisi. “Satu kebanggaan dapat menjadi bagian dari pewaris tradisi perjuangan tersebut,” kata Azmi.

Sertifikat penganugerahan marga Lim untuk Azmi yang diberikan oleh PSMTI, Sabtu (16/11/2019).

Selama ini, selain dikenal sebagai aktivis politik, Azmi juga seorang tokoh muda Indonesia yang getol mengangkat isu kesetaraan politik untuk anak bangsa dari berbagai etnis di Indonesia. Putra almarhum Teungku H. Abubakar Bintang–ulama modernis asal Aceh– dalam beberapa tahun ke belakang aktif mengumpukan berbagai barang yang berkaitan dengan etnis Tionghoa di Indonesia dan dikumpulkan di museum yang ia kelola secara swadaya.

Dalam beberapa kesempatan ia pernah mengatakan, dirinya memilih etnis Tionghoa sebagai bahan museum karena peran dan jasa Tionghoa kerap tidak diakui di Indonesia. Padahal sejak zaman penjajahan hingga saat ini, peran serta etnis Tionghoa sama besar dengan etnis lainnya dalam memperjuangkan kemerdekaan dan mengisi pembangunan.

Sumber foto: Facebook Azmi Abubakar.

KOMENTAR FACEBOOK