Tiga Calon Doktor Asal Aceh Teliti Tiga Tokoh Aceh di Masa Lampau

Miswari (kiri) dan dua koleganya. Foto (Ist)

ACEHTREND.COM, Jakarta-Tiga mahasiswa asal Aceh yang sedang menempuh Program Doktor Pengkajian Islam di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, telah lulus Ujian Proposal Disertasi (UPD) pada Senin (19/11/2019).  Ketiganya menawarkan penelitian tentang tokoh asal Aceh.

Miswari dari Bireuen menulis tentang Wahdatul Wujud Hamzah Fansuri. Mukhtar dari Blang Pidie meneliti tentang Negara Islam Perspektif Pemikiran Politik Ali Hasjmy. Rizqi Wahyudi dari Lhokseumawe meneliti tentang Narasi Islamisme dan Etnonasionalisme Hasan Tiro di Aceh.

Pada sidang proposal yang diuji oleh Prof. Dr. Didin Sapeudin, Prof. Dr. Zainun Kamal, dan Prof. Dr. Abudin Nata tersebut, masing-masig, Miswari mendapatkan nilai 82, Mukhtar mendapatkan nilai 83, dan Rizqi Wahyudi mendapatkan nilai 86.

Muktar, salah seorang mahasiswa Program Doktor Pengkajian Islam yang mengambil konsentrasi Pemikiran Politik Islam, mengatakan, kelulusan  ini merupakan bukti bahwa para tokoh Aceh sangat relevan untuk diteliti di dunia akademik. Di samping karena gagasan-gagasan mereka dapat memberikan sumbangan akademik, juga dapat berdayaguna untuk menjawab problematika sosial yang sedang terjadi di Indonesia.

Rizqi Wahyudi yang mengambil Konsenterasi Komunikasi Islam mengatakan,  sebagai putra Aceh, dia dan siapapun yang merasa dirinya Aceh, harus menjadikan tokoh-tokoh Aceh sebagai arus utama pengkajian dalam dunia akademik. Supaya masyarakat luas tahu bahwa Aceh memiliki para pemikir yang cemerlang. []

KOMENTAR FACEBOOK