Atasi Pengangguran, Nagan Raya Potensial Dikembangkan Industri Nata De Coco

Novia (tengah) bersama pegawai Disnakermobduk Aceh meninjau usaha Nata De Coco di Peureulak Nagan Raya @aceHTrend/Hasan Basri M Nur

ACEHTREND.COM, Kuta Makmue – Kabupaten Nagan Raya sangat potensial untuk dikembangkan produk minuman air kelapa yang difermentasi atau lazim disebut nata de coco.

Sedikitnya terdapat tiga alasan yang memperkuat Nagan Raya sangat cocok untuk dijadikan pilot project pengembangan industri nata de coco.

“Pertama, di Nagan tepatnya di Desa Peureulak, Kecamatan Senagan, telah ada industri rumah tangga milik Ibu Agusmanidar yang bergerak di bidang nata de coco. Kedua, di Nagan telah berdiri pabrik tepung kelapa yang airnya belum diolah. Ketiga, nata coco itu minuman kesehatan yang dibutuhkan tubuh manusia,” kata Novia S.TP, M.Agric, Ketua Tim Survei Padat Karya Ekonomi Produktif Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, kepada aceHTrend di Nagan Raya, Rabu (20/11/2019).

Novia yang juga dosen Fakultas Pertanian Unsyiah menambahkan, pemerintah perlu membantu pengembangan industri sesuai dengan potensi daerahnya, dan sudah ada cikal bakal industri.

“Kami sudah melakukan survei ke Desa Peureulak, Nagan Raya. Cikal bakal usaha sudah ada, laris lagi. Keuchik dan masyarakat setempat juga sangat terbuka, akomodatif,” tambah Novia didampingi Ahmad Ridwan dari Disnakermobduk Aceh.

Novia menyebutkan, pihaknya akan melakukan kajian lebih dalam tentang potensi Desa Peureulak untuk selanjutnya membuat laporan tertulis kepada Disnakermobduk Aceh.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK