Baitul Mal Aceh Buka Seleksi Anggota Baru

Kantor Baitul Mal Aceh @hidayatullah.com

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Baitul Mal Aceh (BMA) telah membuka seleksi calon anggota Baitul Mal Aceh untuk masa jabatan tahun 2020-2025 sebanyak lima orang. Kelima orang tersebut nantinya akan mengisi jabatan pimpinan di Badan Baitul Mal Aceh dan salah satu di antaranya akan merangkap sebagai ketua.

Ketua Dewan Pertimbangan Syariah Baitul Mal Aceh, Prof Dr Alyasa’ Abubakar, MA yang juga sebagai Ketua Tim Independen Seleksi Keanggotaan Badan Baitul Mal Aceh mengatakan, proses rekrutmen seleksi terbuka yang dilaksanakan ini mengacu pada Qanun Nomor 10 Tahun 2018 yang juga mengatur tentang struktur Baitul Mal Aceh.

“Badan Baitul Mal Aceh tidak lagi dijabat oleh satu orang kepala badan pelaksana yang dibantu oleh kepala bidang dan kepala sub bidang, tetapi sudah menjadi lima orang komisioner. Namun kelima pimpinan ini juga nantinya akan dibantu oleh tenaga-tenaga profesional dan tentunya sekretariat Baitul Mal Aceh sendiri,” jelas Prof Alyasa’, Jumat (22/11/2019).

Melalui rekrutmen ini diharapkan nantinya akan terpilih orang-orang yang memiliki kompetensi di bidang pengelolaan zakat, infak, dan wakaf. Artinya yang terpilih yaitu orang-orang yang mengerti persoalan umat dan mampu menjalankan amanah terhadap pengelolaan harta umat tersebut.

“Kita mengharapkan orang-orang yang terpilih nanti, selain memiliki pemahaman tentang zakat, infak, dan wakaf, juga yang tidak kalah penting yaitu mengerti pengelolaan keuangan daerah, manajemen, dan akuntanasi,” tambah mantan kepala Dinas Syariat Islam itu.

Sementara itu Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Rahmad Raden mengatakan bahwa targetnya minggu pertama Januari 2020 kelima anggota Baitul Mal Aceh sudah dapat dilantik dan diambil sumpahnya oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

“Saya berharap dengan adanya anggota Baitul Mal Aceh yang baru menjadi semangat baru bagi kemajuan Baitul Mal Aceh ke depan dan dapat menekan angka kemiskinan di Aceh,” kata Rahmad.

Untuk pendaftaran dibuka mulai 22 November 7 Desember 2019. Semua berkas persyaratan pendaftaran dikirim melalui email panitia yang sudah disediakan. Untuk informasi lebih lanjut dapat diakses langsung melaluli laman resmi Baitul Mal Aceh di http://baitulmal.acehprov.go.id/.[]

KOMENTAR FACEBOOK