BPBA Bentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana

Banda Aceh – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) pada tahun 2019 melaksanakan Pembekalan Tim Penyusun Peraturan Gubenur Aceh tentang Forum Pegurangan Risiko Bencana Aceh di Aula BPBA.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh BPBA memfasilitasi penyusunan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh yang menjadi acuan bagi forum tersebut dalam melaksanakan kiprahnya baik di tingkat provinsi maupun koordinasi dengan kabupaten/Kota.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, saat membuka rapat menyampaikan pergub ini akan di usulkan kepada Gubernur Aceh untuk disahkan sehingga dapat diimplementasikan. Oleh karnanya, pada pertemuan tersebut BPBA juga meminta masukan secara hukum melalui kepala Biro Hukum setda Aceh sehingga pergub tentang forum PRB Aceh dapat disusun sesuai dengan hukum yang berlaku.

Untuk kepentingan melahirkan Pergub tersebut telah diterbitkan Surat Keputusan Kepala Pelaksana BPBA tentang komposisi tim penyusun yang di dalamnya melibatkan: akademisi, Pengurus dan Dewan Pakar Forum PRB Aceh serta unsur BPBA. Menurut Zulfikar, salah satu tahapan yang dilakukan adalah pembekalan tim penyusun Pergub Forum PRB Aceh selama dua hari.

Untuk pembekalan tim penyusun diisi oleh empat narasumber, yaitu Kepala Biro Hukum Setda Aceh yang menjelaskan tentang fungsi, tatacara dan mekanisme melahirkan Pergub; Ketua Dewan Pakar PRB Aceh tentang Aspek Hukum dalam PRB; Kalak BPBA, berbicara mengenai Konsepsi Pengurangan Risiko Bencana, dan Wakil Rektor Unsyiah Dr Ir Agus Sabti yang akan memaparkan tentang Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas.

Program lainnya yang difasilitasi oleh BPBA pada 2019 ini adalah pembentukan dan penguatan Forum PRB Kabupaten/Kota. Kongres I Forum PRB Kabupaten Pidie Jaya yang dipusatkan Wisma Kana Meureudu, dibuka oleh Kalak BPBD Pidie Jaya, diikuti 40 peserta dari unsur BPBD, SAR, Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA), Tagana, Forum Keuchik, Bagian Pemerintahan Setdakab Pidie Jaya, Damkar, PMI, PSC, RAPI, PDAM, akademisi, dan sejumlah unsur lainnya.

Kongres I Forum PRB Kota Langsa yang dibuka oleh Asisten I Pemko Langsa, yang dilaksanakan berlangsung di Hotel Harmoni Langsa, sementara Workshop dan Kongres I Forum PRB Kabupaten Aceh Selatan berlangsung di Hotel Dian Rana Tapaktuan.

BPBA bersama Forum PRB Aceh terus mendorong dan menginisiasi para pegiat dan aktivis kebencanaan, dunia usaha, dan pemerintah di kabupaten/kota untuk membentuk dan meningkatkan peran Forum PRB yang akan mewadahi para pihak yang berkepentingan dalam melakukan advokasi pengurangan risiko bencana.[](adv)

KOMENTAR FACEBOOK