Warga Leubok Pusaka Dirisaukan dengan Kemunculan Harimau

Ilustrasi @sinarharapan.net

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Masyarakat Gampong Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara dirisaukan dengan kemunculan harimau yang memangsa hewan ternak warga. Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) akan menurun tim dan pawang ke lokasi.

“Warga mulai khawatir dengan matinya lima sapi milik warga yang digigit oleh harimau sumatera yang mulai masuk ke dalam perkebunan,” kata Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Utara dan Lhokseumawe, Kamarudzaman, melalui keterangan tertulis, Sabtu (30/11/2019).

Ia menjelaskan hewan ternak mati itu milik Paimin dan Mahmud, sebelumnya harimau mulai terlihat di kawasan penduduk pada September lalu. Belakangan, harimau juga memangsa hewan ternak milik warga.

“Kami sudah turun ke lokasi kejadian. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari hutan lindung,” katanya

Dia menyebutkan, harimau sumatera merupakan satwa yang dilindungi. Jumlah harimau sumatera semakin sedikit dikarenakan maraknya perburuan tejradi terhadap satwa tersebut.

“Untuk sementara kami imbau warga melakukan patroli jika malam hari. Warga meminta harimau tersebut diusir ke kawasan hutan. Kami akan mendatangkan pawang untuk mengusirnya. Senin kita usahakan sudah sampai pawang dan melakukan pengusiran,” sebutnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK