Guru PPGT Lakukan Gerakan Seliber di Sekolah 3 T

ACEHTREND.COM, Singkil – Guru-Guru yang tergabung dalam Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi (PPGT ) Aceh Singkil kembali melakukan Gerakan Sekolah Sehat, Literasi, Belajar dan Bermain (Seliber) di sekolah Tertinggal, Terpencil, dan Terluar (3 T), yakni di SDN Situban Makmur, Danau Paris, Aceh Singkil, Sabtu (30/11/2019).

Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat bersekolah dan belajar anak-anak khususnya anak-anak yang berasal dari daerah yang masih tertinggal.

Menurut keterangan Sukardi Ahmad kepada aceHTrend, Ahad (1/12/2019), kegiatan yang mengangkat tema, Mengedukasi Anak Negeri dengan Seliber itu dilakukan dengan cara mengajak anak-anak melakukan gerakan literasi seperti membaca buku-buku, mendengarkan kisah-kisah inspiratif, memotivasi anak-anak untuk tidak takut bermimpi dan terus bersemangat bersekolah.

Kemudian para guru-guru PPGT juga mengajak semua siswa untuk menjaga lingkungan dan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan, seperti mandi sebelum sekolah, sarapan, memotong kuku-kuku yang panjang agar terhindar dari daki dan kotoran, kemudian berpakaian rapi ke sekolah.

“Semua siswa terlihat sangat antusias mengikuti, karena seluruh kegiatan dirangkai dengan nyanyian-nyayian penyemangat, media pohon impian, permainan edukatif juga tepuk-tepuk kreatif,” ujar Sukardi.

Di akhir kegiatan, kata Sukardi, guru-guru PPGT bersama kepala sekolah dan dewan guru serta tenaga kependidikan SDN Situban Makmur melakukan penanaman pohon bersama di lingkungan sekolah sebagai kenang-kenangan dan simbol cinta lingkungan.

Kepala sekolah SDN Situban Makmur Ucok Berutu, S Pd. mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap guru-guru PPGT tidak hanya sekali ini berkunjung ke sekolahnya.

Selain guru-guru PPGT berkegiatan dengan siswa juga dengan guru-guru SDN Situban Makmur. Mereka menyempatkan untuk berbagi cerita tentang kurikulum dan pendidikan yang inovatif.

“Ya, saya mengapresiai kegiatan-kegiatan positif seperti ini, selain memotivasi anak-anak, kita juga bisa bertukar pikiran tentang kurikulum dan inovasi dalam pendidikan. Semoga kedepan PPGT mau berkunjung lagi,” ucap Ucok Berutu.

Menanggapi hal itu, ketua kegiatan Satriadi, mengucapkan terima kasih dan akan terus melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti ini di sekolah-sekolah yang ada di Aceh Singkil terutama di sekolah-sekolah terpencil.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK