Farid Dorong Pemko Maksimalkan IT dalam Mal Pelayanan Publik

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar mendukung penuh kehadiran dan beroperasinya Mal Pelayanan Publik (MPP) yang baru saja dilakukan soft lauching oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman di Lantai III Pasar Aceh, Selasa (3/12/2019).

“Kami dari DPRK Banda Aceh, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Wali Kota Banda Aceh, atas di-lauchingnya MPP ini,” kata Farid Nyak Umar, usai acara tersebut, Selasa.

Farid menyampaikan program ini merupakan sebuah langkah cerdas Wali Kota Banda Aceh untuk memberikan kemudahan bagi warga kota dalam pengurusan perizinan.

Pemko dinilai berhasil menggandeng mitra kerja di luar Pemerintah Kota Banda Aceh sehingga beberapa instansi terlibat berkolaborasi dalam memberikan pelayanan publik ini.

“Ada 229 jenis layanan yang diberikan kepada warga kota dalam MPP ini,” ujarnya.

Farid menjelaskan, mengatakan ini sebuah langkah cerdas karena akan memberikan multipliereffect, selama ini di lantai tiga pasar Aceh kurang berfungsi secara maksimal. Dengan adanya MPP ini maka bagi mereka yang ingin mengurus izin juga nanti secara langsung akan singgah di pasar yang berada di lantai bawah, otomatis akan mendongkrak perekonomian warga kota Banda Aceh.

“Karena itu kami harapkan dengan hadirnya MPP ini akan memberikan kemudahan bagi warga, ketepatan dan kejelasan harga yang harus dikeluarkan,” tambah Farid.

Pada kesempatan itu Farid juga mendorong Pemko untuk menggunakan sistem teknologi informasi, pemerintah harus mampu memanfaatkan sebaik mungkin sistem informasi teknologi khususnya dalam mempercepat pelayanan bagi warga. “Apalagi Banda Aceh menuju kota smart city,” politisi PKS itu.

Selanjutnya Farid juga mengharapkan setelah MPP ini hadir, perlu dilakukan evaluasi secara ketat, kualitas pelayanan, bahkan secara periodik perlu dilakukan survei kepada warga, melihat kepuasan warga terhadap pelayanan yang diberikan MPP.

“Dalam hal ini DPRK akan terus memberi dukungan bahkan nanti juga secara penganggaran, karena ini akan menjadi contoh bagi pelayanan publik tidak hanya bagi Aceh, tapi juga secara nasional,” tutur Farid Nyak Umar.[]

Editor : Ihan Nurdin